Mendikbud Lantik 153 Orang Narasumber Pelatih Instruktur Nasional Kurikulum 2013  20 Maret 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan melantik 153 Narasumber Nasional hari ini, di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Sawangan, Depok, Jawa Barat, yang ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Mendikbud RI Nomor 037/P/2016.
 
“Para Narasumber Nasional yang dilantik saat ini adalah angkatan pertama setelah Kurikulum 2013 direvisi,” demikian disampaikan Mendikbud pada acara pelantikan Narasumber Nasional Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2016/2017.
 
Adapun tugas dari Narasumber Nasional yang nantinya akan melatih Instruktur Nasional Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2016/2017, yakni memfasilitasi 1) analisis kompetensi, materi, pembelajaran, dan penilaian; 2) Rancangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP); 3) Praktik pembelajaran dan penilaian; 4) Praktik pengolahan dan pelaporan penilaian hasil belajar; 5) Pembelajaran aktif; 6) Gerakan penumbuhan budi pekerti dan sekolah aman; 7) Kebijakan dan dinamika perkembangan kurikulum; 8) Penguatan literasi dan pembelajaran; dan 9) Pelatihan dan pendampingan berbasis sekolah.
 
Mendikbud mengatakan, Narasumber Nasional yang terdiri dari unsur guru, akademisi, tim penyusun kurikulum, penulis buku, penyusun Assesment, diajak untuk memiliki pemahaman yang lengkap, komprehensif, dan substantif tetang Kurikulum 2013 yang telah direvisi. “Bila tidak memahami, maka kita tidak bisa menyampaikan pesan kepada Instruktur Nasional (IN), dan para IN tersebut akan merujuk kepada para Narasumber Nasional,” ujar Mendikbud.
 
Para Narasumber Nasional, kata Mendikbud, merupakan orang-orang yang terpilih melalui proses seleksi yang dilakukan sesuai dengan jenjang, baik itu Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). “Bapak dan Ibu para Narasumber Nasional adalah Duta Kemendikbud dalam mensosialisasikan Kurikulum 2013. Sebagai duta saya berpesan tunjukan sikap yang baik, tutur kata baik, dan disiplin,” tutur Mendikbud.
 
Mendikbud berharap, para Narasumber Nasional dapat menyampaikan pesan kebaruan dan keterbukaan dengan melakukan pendekatan melalui cara yang berbeda. Narasumber Nasional dapat menjadi fasilitator dalam merangsang munculnya pemikiran, gagasan, selain menyampaikan materi yang telah dipersiapkan.
 
“Saya berharap Narasumber Nasional dapat menjalankan pelatihan dengan metode tidak konvensional, tetapi metode mengajak anak-anak untuk melakukan proses belajar yang aktif. Dengan begitu kita sendiri pun harus bisa membuktikan dan menghadirkan suasana belajar yang aktif,” harap Mendikbud.
 
“Karakter pembelajar harus ada pada kita semua. Dampak yang Bapak dan Ibu kerjakan akan menjangkau lebih dari 50 juta anak di seluruh Indonesia. Dan diputaran pertama ini akan menjangkau sekitar 254 ribu guru dari efek dihasilkan dari pelatihan beberapa hari ini. Dalam beberapa waktu kedepan akan menjangkau semua guru,” jelas Mendikbud. 
 
Pada hari dan tempat yang sama seusai pelantikan Narasumber Nasional akan dilakukan pelatihan Instruktur Nasional Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 148 jenjang SD, 187 jenjang SMP, 232 jenjang SMA, dan 194 jenjang SMK. Pelatihan Instruktur Nasional dilaksanakan pada tanggal 20 s.d. 24 Maret 2016.
 
***
 
Jakarta, 20 Maret 2016
 
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sumber :

 


Penulis : administrator
Editor :
Dilihat 4145 kali