​Rakornas Lembaga Pendataan Pendidikan Digelar  02 Maret 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional Lembaga Pendataan Pendidikan 2016 di Jakarta, Selasa (1/03/2016). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan konsolidasi dalam pengelolaan dan integrasi data pendidikan dan kebudayaan yang lebih baik di pusat maupun di daerah. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, keterlibatan masyarakat dalam pendidikan dan kebudayaan harus didorong. Pemerintah tidak bisa lagi menjalankan pendidikan dan kebudayaan semata-mata sebagai program pemerintah. Pelibatan publik harus dibangun. “Itu artinya kita membangun bukan hanya sumber dayanya tetapi juga ekosistemnya,” kata Mendikbud saat menyampaikan sambutan pembukaan dalam rakor tersebut. 

Menurut Anies, keberadaan data yang valid sangat penting terutama jika dilihat dari besarnya Indonesia. Untuk itu, strategi pelibatan publik agar ekosistem dapat terbentuk dan pelakunya dapat berinteraksi, dinilai tepat, guna menyiapkan informasi yang akurat, selaras, transparan. 

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi mengatakan, rakor ini diharapkan dapat meningkatkan fungsi dan peran kelembagaan dalam pemberdayaan data pokok pendidikan kebudayaan. “Dengan koordinasi ini kita dapat menyamakan persepsi dan komunikasi antar pengelola pokok data pendidikan baik yang berada di pusat maupun daerah,“ katanya. (Dinda Septiana/M.R)

Sumber :

 


Penulis : aline rogeleonick
Editor :
Dilihat 1169 kali