Hari Pertama UN 2016 Berjalan dengan Lancar  05 April 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar konferensi pers membahas hari pertama pelakasanaan Ujian Nasional (UN) di Kantor Kemendikbud, Senayan (4/4/2016). Dalam konferensi tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan mengatakan bahwa hari pertama pelaksanaan ujian nasional berjalan lancar. Selain itu, ujian nasional yang diadakan di sekolah Indonesia di luar negeri (SILN) juga berjalan dengan baik.

Tahun ini, sebanyak 3.397 SMA dan SMK dari 27.000 sekolah di Indonesia melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Berdasarkan laporan yang diterima Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, Nizam, sebagian besar provinsi yang sudah melapor menyatakan tidak mengalami permasalahan dalam penyelenggaraan UN, baik yang berbasis komputer maupun pensil dan kertas.

Nizam juga mengakui masih terdapat beberapa masalah yang bersifat insidental, seperti kendala server maupun jumlah kertas soal yang kurang. Namun permasalahan tersebut dapat teratasi dengan baik.

“Secara umum berjalan baik dan Alhamdulillah, baik guru, siswa, maupun orangtua, suasana yang terbangun relatif positif,” kata Mendikbud.
Terakhir, Mendikbud menyampaikan apresiasi kepada PLN dan Telkom atas dukungannya terhadap pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini. Sehingga tidak terjadi kendala berarti di hari pertama pelaksanaannya. (Aji Shahwin)

Sumber :

 


Penulis : Desliana Maulipaksi
Editor :
Dilihat 844 kali