Irjen Kemendikbud Pantau Pelaksanaan UN di SMAN 1 Jakarta  12 April 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Irjen Kemendikbud), Daryanto, mengunjungi SMAN 1 Jakarta untuk melihat pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di hari terakhir. Dalam perbincangannya dengan Kepala SMAN 1 Jakarta, Mas Ayu Yuliana, Daryanto kembali menegaskan bahwa penggunaan komputer dilakukan tidak hanya dalam pelaksanaan ujian nasional, melainkan juga dalam proses pembelajaran siswa sehari-hari di sekolah.

“Komputer dipakai untuk proses belajar-mengajar, bukan hanya untuk UN. Inti penggunaannya untuk belajar-mengajar,” ujar Daryanto di Gedung SMAN 1 Jakarta, Selasa pagi (12/4/2016).

Tahun ini merupakan tahun pertama bagi SMAN 1 Jakarta menyelenggarakan UN berbasis komputer. Pada tahun 2015 lalu, penyelenggaraan UN di SMAN 1 Jakarta masih berbasis kertas dan pensil. SMAN 1 Jakarta pun menjadi salah satu sekolah yang dinilai berintegritas pada penyelenggaraan UN tahun 2015. Sebuah piagam sebagai Sekolah Berintegritas yang ditandatangani Mendikbud Anies Baswedan tergantung di pintu masuk sekolah.

“Pesannya jelas, bahwa integritas itu harus dikedepankan,” tutur Daryanto.

Kepala SMAN 1 Jakarta, Mas Ayu Yuliana, mengatakan, pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Jakarta dibagi menjadi tiga sesi setiap harinya. Sesi pertama berlangsung pada pukul 07.30-09.30 WIB, sesi kedua pukul 10.30-12.30 WIB, dan sesi ketiga pukul 14.00-16.00 WIB. Saat datang ke sekolah, siswa tidak langsung masuk ke ruang ujian, melainkan masuk ke kelas yang digunakan sebagai ruang persiapan. Sepuluh menit sebelum ujian dimulai, mereka baru bergerak menuju ruang ujian.

“Misalnya untuk yang sesi pertama, jam setengah tujuh sudah hadir di kelas persiapan, lalu jam setengah delapan kurang sepuluh masuk ke laboratorium komputer,” tutur Ayu.


Ia mengatakan, total peserta UN tahun ini di SMAN 1 Jakarta ada 281 siswa, yang terdiri dari 143 siswa jurusan IPA dan 138 siswa jurusan IPS. Dalam kesempatan itu Irjen Kemendikbud Daryanto juga mengingatkan kembali akan pentingnya kejujuran dan integritas dalam pelaksanaan UN. Kedatangan Irjen Kemendikbud ke SMAN 1 Jakarta didampingi oleh DeputiPengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Sosial dan Keamanan di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Binsar Simanjuntak. 

Sumber :

 


Penulis : Desliana Maulipaksi
Editor :
Dilihat 1271 kali