Pelaksanaan UN Hari Pertama Lancar   04 April 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari pertama, Senin (04/04/2016) secara umum berlangsung lancar. Presiden RI Joko Widodo melalui media sosial resminya (twitter @jokowi) yang dituliskan pada hari Minggu (03/04/2016) mengimbau seluruh peserta UN agar mempersiapkan diri dengan baik dalam penyelenggaraan UN hingga akhir pelaksanaan.

“Siapkan diri dengan baik, konsentrasi belajar, dan berani jujur untuk meraih prestasi terbaik,” ujar Presiden Joko Widodo dikutip dari akun media sosial resminya.

Pada pelaksanaan UN hari pertama ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, didampingi pejabat eselon 1 Kemdikbud terkait, serta Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini, berkesempatan meninjau pelaksanaan UN Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Hang Tuah 1 Surabaya, Jawa Timur. Partisipasi sekolah dalam penyelenggaraan UNBK di kota pahlawan itu mencapai 100 persen.

“Kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para guru, pengawas, dinas pendidikan, dan seluruh pihak yang terlibat dalam proses UN,” tutur Mendikbud usai peninjauan pelaksanaan UN di Surabaya, Jawa Timur, Senin (04/04/2016).

Pelaksanaan UNBK sesuai dengan dituangkan dalam Surat Edaran Kepala Balitbang Kemendikbud Nomor 1356/H/TU/2016, tanggal 5 Februari 2016, menyampaikan bahwa UNBK dilaksanakan pada sekolah yang sudah siap baik dari segi infrastruktur maupun sumber daya manusia, dan sekolah dilarang memberatkan dan/atau membebani pihak-pihak selain sekolah (termasuk membebani orang tua siswa dengan pungutan dan semacamnya) untuk membeli dan/atau menyewa komputer demi pelaksanaan UNBK.

Salah satu peserta UNBK di SMA Hang Tuah 1, Kota Surabaya, Jawa Timur, menyampaikan bahwa UNBK sangat memudahkan dirinya dalam menjawab soal ujian karena tidak membutuhkan waktu untuk mengisi jawaban dengan pensil di lembar jawaban komputer. 

Laporan tim lapangan, pelaksanaan UNBK di SMK Yapis Biak Papua, SMKN 3 Merauke Papua, SMKN 1 Batam Kepulauan Riau, SMKN 6 Jakarta, SMAN 8 Jakarta, SMKN 2 Salatiga Jawa Tengah, dan SMKN 1 Denpasar Bali berjalan dengan lancar.

Terdapat kondisi khusus di Provinsi Bangka Belitung sebanyak dua sekolah dari empat sekolah yang mengikuti UNBK susulan. Hal ini disebabkan oleh adanya kendala teknis dari jaringan. “Kendala yang terjadi di Provinsi Bangka Belitung ini dapat diselesaikan dengan mengikuti ujian susulan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan,” demikian disampaikan oleh Sekretaris Balitbang Kemdikbud Dadang Sudiyarto, di Posko UN, Kantor Kemdikbud, Senayan, Jakarta, hari ini.

Laporan terakhir yang masuk masuk di Posko UN Kemdikbud dari beberapa daerah lainnya seperti Provinsi Jawa Barat, Banten, Jambi, Riau, DI. Yogyakarta, Sumatera Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan berjalan dengan lancar, baik UNBK maupun UN Berbasis Kertas. Secara umum, pelaksanaan UN hari pertama ini berjalan sesuai yang diharapkan.

Jakarta, 4 April 2016
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Sumber :

 


Penulis : Seno Hartono
Editor :
Dilihat 1146 kali