Dominic Brian Mampu Mengingat 100 Angka dalam 60 Detik  18 Mei 2016  ← Back

Palembang, Kemendikbud--Ada yang berbeda pada pembukaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016. Kali ini, salah seorang peserta OSN menunjukkan kemampuannya mengingat angka-angka dalam hitungan detik. 

 

Dominic Brian, 19 tahun, peserta OSN dari Bali, menunjukkan kebolehannya di hadapan ribuan peserta dan pengunjung OSN 2016, yaitu mengingat 100 angka hanya dalam rentang waktu 60 detik. 

 

Pertama, Brian ditempatkan pada tempat terpisah dengan telinga ditutup untuk memastikan tidak dapat mendengar barisan angka yang akan dihitung. Kemudian, para pemangku kepentingan di lingkungan Kemendikbud, para peserta OSN, dan pejabat di lingkungan Sumatera Selatan diminta untuk menyebutkan angka-angka yang akan dihitung. 

 

Ada 100 angka yang terbagi ke dalam lima baris, dan 10 kolom. Angka-angka ini terdiri dari dua digit angka acak. Kemudian, Brian diberi waktu untuk dapat mengingat angka-angka tersebut dengan rentang waktu 60 detik. 

 

Tiba waktu Brian untuk menyebutkan angka-angka tersebut, hadirin tampak antusias. “36, 72, 90, 23, 03,” ujar Brian dengan mantap saat menyebutkan beberapa angka secara runut. Walau memiliki kesulitan menyebutkan dua baris terakhir dari angka-angka tersebut, hadirin tampak takjub. 

 

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan turut berpesan untuk menjadikan OSN sebagai ajang memperluas perkenalan dan jejaring. “Saat ini, sesungguhnya lomba-lomba dapat dijalankan secara daring saja, namun pengalaman bertatap muka dengan saudara sebangsa dari seluruh penjuru Nusantara tak akan sama dengan bertemu melalui kanal-kanal digital, “ ujar Anies.

 

Sehingga, lanjut Menteri Anies, jadikan OSN sebagai ajang perkenalan dan membuat jaringan dengan saudara dari seluruh Nusantara. “Selamat berolimpiade, selamat merayakan sains!” tutup menteri Anies.
Sumber :

 


Penulis : gloria gracia
Editor :
Dilihat 616 kali