Kemdikbud Berikan Pembekalan Kepulangan Kepada Peserta Program Darmasiswa RI  31 Mei 2016  ← Back

Jakarta, Kemdikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berikan pembekalan kepulangan kepada 407 peserta Program Darmasiswa RI (DRI) yang telah menuntaskan Tahun Pelajaran 2015/2016. DRI adalah program pemberian beasiswa non-gelar selama satu tahun oleh pemerintah Republik Indonesia kepada mahasiswa asing dari negara-negara sahabat untuk belajar bahasa Indonesia, seni, dan budaya pada perguruan tinggi di Indonesia.
 
“Para peserta Darmasiswa RI sangat strategis perannya sebagai duta Indonesia. Pengalaman para peserta selama satu tahun di Indonesia diharapkan menjadi pengalaman terbaik yang perlu diinformasikan secara luas di negara masing-masing,” demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan pada acara Pembekalan Kepulangan Peserta Program Darmasiswa tersebut, di kantor Kemdikbud, Senayan, Jakarta, Selasa (31/05/2016).
 
Dalam pembekalan kepulangan yang diselenggarakan mulai hari Senin s.d. Selasa, 30 s.d. 31 Mei 2016 ini peserta berdiskusi tentang penentuan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam mendukung pengembangan bahasa dan budaya Indonesia di negara asal mereka, mulai dari bagaimana akan berjejaring dengan sesama peserta, dengan perguruan tinggi tempat mereka mengikuti program Darmasiswa, dengan masyarakat Indonesia di negara masing-masing, serta dengan kantor Perwakilan RI, sampai dengan peran aktif dalam pengembangan bahasa dan budaya Indonesia.
 
“Program ini merupakan program soft diplomacy or people to people contact dalam bidang pendidikan. Oleh sebab itu diharapkan para peserta dapat mendukung pengembangan bahasa dan budaya Indonesia di negara-negara asal peserta,” tutur Mendikbud.
 
Pada acara pembekalan ini juga para peserta diberikan kesempatan menampilkan sebagian hasil karya dan talenta yang mereka peroleh selama di Indonesia, mulai dari seni musik, seni tari, seni membatik, sampai dengan ilmu perdalangan. “Baiknya program ini diharapkan dapat terus berlanjut dan berperan lebih besar lagi dalam mendukung upaya Indonesia meningkatkan pengembangan bahasa Indonesia dan diplomasi budaya Indonesia di luar negeri,” harap Mendikbud.
 
Program DRI tahun pelajaran 2015/2016 diikuti oleh 643 peserta yang berasal dari 81 negara, dan ditempatkan di 54 perguruan tinggi di Indonesia. Terdapat beberapa peserta tidak mengikuti pembekalan kepulangan dikarenakan program mereka telah selesai lebih awal dan kembali ke negara asal. Hadir dalam acara pemberian pembekalan ini para duta besar atau yang mewakili dari negara-negara asala peserta, perwakilan dari Kementerian Luar Negeri RI, Sekretariat Negara RI, Kementerian Hukum dan HAM, serta Kepolisian RI yang menjadi mitra pelaksanan Program DRI.***
 
                                                 
Jakarta, 31 Mei 2016
 
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat            
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 678 kali