Kemendikbud dan Pemprov DKI Jakarta Fasilitasi Wisata Budaya ASEAN Culture and Arts Cooperation Dialogue  13 Mei 2016  ← Back

Kemendikbud dan Pemprov DKI Jakarta Fasilitasi Wisata Budaya ASEAN Culture and Arts Cooperation Dialogue

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memfasilitasi peserta ASEAN Culture and Arts Cooperation Dialogue atau dialog kerja sama di bidang kebudayaan dan Kesenian ASEAN dalam wisata budaya (13/5/2015). Tempat yang menjadi tujuannya adalah tiga museum di wilayah Kota Tua, yaitu Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, dan Museum Sejarah Jakarta.

Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan Culture and Arts Cooperation Dialogue atau Dialog Kerjasama di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan ASEAN yang diadakan selama dua hari di Jakarta dan wisata budaya ini merupakan acara di hari terakhir. Salah satu tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan promosi dan pemahaman antar budaya di ASEAN. Sehingga dapat memajukan peran ASEAN di bidang budaya secara Internasional. Peserta yang mengikuti wisata budaya ini adalah para delegasi yang mengikuti dialog tersebut.

Yayuk Sri Budi dari Ditjen Kebudayaan mengatakan bahwa ini adalah hasil tindak lanjut pertemuan ASEAN Committee on Culture and Information (COCI) atau Komite Kebudayaan dan Informasi ASEAN di Surabaya. Di mana Ditjen Kebudayaan berperan dalam memfasilitasi wisata budaya.

“Kita kerja sama dengan DKI (Jakarta), makanya DKI memberikan souvenir, mereka juga menngundang Abang None. Kemudian kita fasilitasi untuk transportasi, konsumsi, dan juga untuk jamuan makan malam,” katanya.

Setibanya para delegasi di Kota Tua, mereka langsung menuju ke museum pertama, Museum Seni Rupa dan Keramik. Di sana, mereka disambut oleh Abang None Jakarta yang merupakan duta pariwisata DKI Jakarta. Selanjutnya, dengan didampingi oleh dua pemandu wisata, mereka berkeliling mulai dari Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, hingga Museum Sejarah Jakarta.

ASEAN Culture and Arts Cooperation Dialogue merupakan forum diskusi pemangku kepentingan yang bergerak dalam sektor pembangunan kebudayaan. Peserta dialog tersebut terdiri dari pihak pemerintah, antar-pemerintah dan lembaga non pemerintah, serta pihak swasta yang bekerja pada sektor kebudayaan.
Sumber :

 


Penulis : Aji Shahwin
Editor :
Dilihat 630 kali