‚ÄčLomba Kompetensi Siswa Nasional Akan Digelar di Kota Malang  21 Mei 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK) Tingkat Nasional XXIV akan digelar di Kota Malang, Jawa Timur pada tanggal 23 -28 Mei 2016. LKS-SMK merupakan ajang di mana siswa SMK dapat menunjukan dan mengukur capaian kompetensi yang mereka miliki sesuai standar kompetensi lulusan SMK. Selain itu, dalam proses pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) guna bersaing di dunia global dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), mereka dapat mempromosikan kemampuannya kepada dunia usaha dan industri serta pemangku kepentingan lainnya. Kegiatan ini telah menjadi agenda rutin tahunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 1992,.

Dengan tema “Pengembangan Kompetensi Siswa beserta Ekosistem SMK dalam Pembentukan Akhlak, Sikap dan Karakter”, LKS-SMK tahun ini memiliki berbagai tujuan, di antaranya adalah mempromosikan pengembangan kualitas dan meningkatkan citra SMK, memacu setiap SMK untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajarannya sesuai kebutuhan dunia kerja, serta meningkatkan hubungan antara lembaga SMK dengan dunia usaha/industri dan asosiasi profesi.

Di tahun ini, peserta yang mengikuti lomba berjumlah 1.030 orang yang berasal dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Bidang yang dilombakan berjumlah 54 bidang yang terbagi atas 6 kelompok, yaitu teknologi, bisnis dan pariwisata, pertanian, kriya, seni, serta eksibisi. Sedangkan dewan juri berasal dari para akademisi, praktisi, maupun profesional yang memiliki integritas dan berdedikasi di bidangnya. Kemudian untuk penilaian lomba menggunakan acuan pada kriteria penilaian LKS-SMK Tingkat Nasional tahun 2016 dan kriteria penilaian World Skills Competition (WSC).

LKS-SMK 2016 ini akan terpusat di Universitas Negeri Malang (UNM). Namun, ada 4 bidang lomba yang diadakan di tempat terpisah. Keempat bidang tersebut adalah Hotel Accomodation di Hotel Atria kota Malang, Pastry cook di SMKN 3 Kota Malang, printing di SMKN 4 kota Malang, serta caring di Rumah Sosial Cacat Netra.


Sumber :

 


Penulis : Aji Shahwin
Editor :
Dilihat 952 kali