Puncak Bulan Pendidikan dan Kebudayaan 2016  29 Mei 2016  ← Back

Mendikbud Rayakan Bersama 108 Komunitas Masyarakat Pendidikan
 
Jakarta, Kemdikbud --- Perayaan Puncak Bulan Pendidikan dan Kebudayaan Mei 2016 digelar di Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan sekitarnya di kawasan Senayan Jakarta, Minggu (29/5). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, jajaran Kemdikbud dan masyarakat merayakan bersama kemeriahan Bulan Pendidikan dan Kebudayaan 2016.
 
"Tahun ini kita merayakan Hari Pendidikan Nasional sebulan penuh dalam Bulan Pendidikan dan Kebudayaan. Kalau biasanya Pemerintah menyelenggarakan dan masyarakat menyaksikan, mulai sekarang kita sama-sama. Masyarakat terlibat bersama Pemerintah merayakannnya dengan berbagai kegiatan. Ini wujud dari keterlibatan publik dalan aktivitas pendidikan," kata Anies Baswedan.
 
Menurut Mendikbud untuk mewujudkan pendidikan sebagai gerakan inisiatif dan pelibatan masyarakat seperti ini menjadi kuncinya. "Pemerintah tentu yang punya kewajiban secara konstitusi untuk pendidikan, tapi kita semua orang-orang yang terdidik punyak kewajiban moral untuk ikut terlibat dalam mendidik Bangsa," ujar Mendikbud menambahkan.
 
Perayaan Hardiknas tahun ini disemarakkan dalam rangkaian Bulan Pendidikan & Kebudayaan selama bulan Mei. Pada puncak perayaan Minggu pagi (29/05), acara dimeriahkan dengan melibatkan 108 komunitas pendidikan, Guru Garis Depan (GGD) dari seluruh Indonesia, pemberian penghargaan kepada pegiat pendidikan, dan serangkaian acara lainnya bekerja sama dengan Pesta Pendidikan (PeKan).
 
"Kami ingin kemeriahan Hardiknas tidak hanya dirayakan oleh guru atau siswa tapi oleh seluruh masyarakat luas," Kata Mendikbud.
 
Acara yang diselenggarakan di kawasan Kemdikbud ini juga mengundang GGD dari seluruh Indonesia yang ditugaskan di daerah-daerah terdepan. Irvan Dani, salah seorang GGD mengatakan sangat senang bisa berpartisipas di acara ini dan membagikan pengalamannya selama mengajar di Aceh Singkil. "Disini saya bisa berdialog dan menceritakan keadaan pendidikan di tempat saya mengajar, " ujar Irvan Dani.
 
Berbagai aktivitas yang meramaikan perayaan itu antara lain sajian Bus Sekolah yang berisi fasilitas pembelajaran masa depan, seperti komputer, bahab ajar digital, video dan internet. Sebuah bus yang di dalam bisa untuk aktivitas belajar layaknya di kelas.
 
Sajian lain adalah berbagai karya siswa SMK, sajian 'Jalur Rempah' dan Guru Garis Depan. Di gedung lain, di kawasan Mal Fx Senayan juga digelar berbagai sajian komunitas dan dialog tentang literasi dan pendidikan usia dini.***
 
Jakarta, 29 Mei 2016
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 819 kali