24 Pelajar Indonesia Siap Ikuti Olimpiade Internasional Tahun Ini  23 Juni 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Sebanyak 24 pelajar Indonesia akan berlaga di kompetisi internasional untuk berbagai bidang pada tahun ini. Bidang tersebut adalah Seni Rupa, Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, dan Debat. Seluruh kompetisi internasional tersebut akan berlangsung pada bulan Juli 2016 di berbagai negara, yaitu di Jepang, Vietnam, Georgia, Swiss, Hongkong dan Jerman.

Peserta olimpiade internasional untuk bidang Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika, merupakan para pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2015, sedangkan peserta kompetisi internasional untuk bidang Seni Rupa merupakan hasil seleksi dari para pemenang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2015. Sementara peserta lomba debat internasional dipilih melalui seleksi lomba debat di tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat nasional, yaitu National School Debating Championship (NSDC) tahun 2015.

Sebelum ke-24 pelajar tersebut berangkat berkompetisi, mereka menemui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan untuk menerima arahan. Mendikbud mengatakan, kesempatan yang dimiliki mereka dalam mewakili Indonesia di ajang internasional merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan. “Jangan dianggap sebagai beban, tapi sebagai kehormatan,” tuturnya di Kantor Kemendikbud, Rabu (22/6/2016).

Mendikbud juga meminta para pelajar untuk memiliki target yang tinggi. “Targetkan yang jelas, bahwa saya akan pulang dengan membawa emas untuk Indonesia. Kalau targetnya jelas, semua usaha akan mengarah ke sana,” katanya. Ia juga mengimbau agar mereka dan tim pendamping untuk menjaga kesehatan selama berada di negara yang menjadi lokasi kompetisi.

Kompetisi internasional untuk bidang seni rupa, yaitu The International High School Festival, akan berlangsung di Tokyo, Jepang. Wakil Indonesia, yaitu Rifqi Aditya, dari Bontang, Kalimantan Timur, akan berangkat pada 30 Juni 2016, hingga 3 Juli 2016.

Olimpiade Internasional Biologi ke-27, atau 27th International Biology Olympiad (IBO), akan berlangsung pada 16 s.d 24 Juli 2016 di Hanoi, Vietnam. Sebanyak empat pelajar Indonesia akan bersaing dengan 274 siswa dari total 69 negara peserta.

Olimpiade Internasional Kimia ke-48, atau 48th International Chemistry Olympiad (IChO), akan diselenggarakan di Tbilisi, Georgia, pada akhir Juni hingga 2 Juli 2016. Sebanyak empat pelajar Indonesia akan berkompetisi dengan ratusan peserta dari 80 negara, dengan lima negara sebagai observer atau pengamat, tanpa mengikutsertakan peserta.

Olimpiade Fisika Internasional ke-47, atau 47th International Physics Olympiad (IPhO) akan diadakan di Zurich, Swiss, pada 10 Juli hingga 18 Juli 2016. Sebanyak lima pelajar Indonesia akan berjuang memperebutkan medali emas, bersaing dengan ratusan peserta dari 84 negara.

Olimpiade Matematika Internasional ke-57, atau 57th International Mathematical Olympiad (IMO) akan berlangsung di Hongkong, pada tanggal 6 hingga 16 Juli 2016. Ada enam pelajar Indonesia yang akan menjadi peserta olimpiade ini. Mereka akan berkompetisi dengan 616 peserta lainnya yang berasal dari 117 negara.

Kejuaraan Lomba Debat Sekolah tingkat Dunia ke-28, atau 28th World School Debating Championship (WSDC) akan diselenggarakan di Stuttgart, Jerman, pada 19 s.d 29 Juli 2016. Indonesia akan mengirimkan dua tim, yaitu Tim Turnamen (diwakili empat pelajar yang menjadi peserta), dan Tim Observer Penyelenggaraan (Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud dan beberapa pihak lain). 

Sumber :

 


Penulis : Desliana Maulipaksi
Editor :
Dilihat 2463 kali