Kemendikbud Siap Dukung Asian Games 2018 Mendatang  22 Juni 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan mengikuti rapat koordinasi (Rakor) tingkat menteri bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir di Jakarta (22/6/2016). Dalam rakor ini, dibahas tentang persiapan Asian Games XVIII yang akan digelar di Indonesia pada tahun 2018.

Dalam paparannya, Mendikbud menyatakan bahwa Kemendikbud siap membantu untuk meriahkan jalannya acara olahraga empat tahunan tersebut. Kemendikbud pun akan membantu pelaksanaannya baik dari sektor pendidikan maupun kebudayaan.

Dari sektor pendidikan, Menteri Anies memperkirakan kegiatan ini akan membutuhkan banyak dukungan, termasuk dari anak-anak. Menurutnya jika melibatkan peserta didik, diharapkan partisipasi mereka akan bisa menambah kemeriahan perhelatan Asian Games XVIII. Karenanya, Kemendikbud akan mempersiapkan peraturan khusus selama perayaan Asian Games.

“Karena event ini akan memakan waktu cukup banyak, jadi nanti kita akan menyiapkan peraturan pengecualian mengenai jadwal sekolah di tiga provinsi yang terlibat di dalam Asian Games ini,” kata Anies.” Nanti jadwal belajar mengajar akan bisa kita jadwalkan ulang. Sehingga mereka memiliki jadwal yang mungkin agak berbeda dibandingkan sekolah-sekolah di daerah lain,” lanjutnya.

Selain itu, dikarenakan kompetisi akbar ini nantinya akan digelar di awal tahun ajaran, menurut Mendikbud pengaturan jadwal tersebut tidak akan bermasalah dan mengganggu pelajaran.

Selanjutnya dari bidang kebudayaan, Mendikbud menilai Asian Games tahun 2018 merupakan momen yang tepat untuk mengekspresikan kebudayaan Indonesia. Karenanya, jika memang dibutuhkan, Kemendikbud juga siap mendukung dalam mengekspresikan kebudayaan.

Sebelumnya, Asian Games XVIII direncanakan digelar di Hanoi, Vietnam. Namun batal karena masalah krisis ekonomi dan finansial. Kemudian berdasarkan hasil survey Olympic Council of Assembly (OCA), infrastruktur di Jakarta dinyatakan telah sesuai untuk pelaksanaan Asian Games XVIII yang akan digelar pada bulan Agustus 2018 nanti. Selain di Jakarta, Asian Games XVIII juga akan digelar di Palembang. 
Sumber :

 


Penulis : Aji Shahwin
Editor :
Dilihat 612 kali