Mendikbud Berharap Pendaftaran Ulang PPDB DKI Jakarta Berjalan Lancar  17 Juni 2016  ← Back

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online
Mendikbud Berharap Pendaftaran Ulang PPDB DKI Jakarta Berjalan Lancar
 
Jakarta, Kemdikbud --- Dinas Pendidikan DKI Jakarta akhirnya memutuskan penjadwalan ulang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di wilayah DKI Jakarta akibat server bermasalah yang membuat para peserta kesulitan mengakses PPDB online Jakarta. Proses dan keputusan itu merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Meski begitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memberi perhatian dan percaya Dinas Pendidikan DKI Jakarta melakukan upaya terbaik untuk memulihkan server agar proses PPDB bisa dilanjutkan.
 
“Saya percaya dan senantiasa berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan (DKI Jakarta), bahwa Dinas Pendidikan sedang berupaya penuh sekuat tenaga untuk memulihkan server agar secepatnya data dapat diproses seperti semula,” kata Mendikbud Anies Baswedan di Jakarta, Jumat (17/6/2016). 
 
Mendikbud Anies juga sangat memahami kekecewaan para orang tua yang mengalami kendala saat mendaftarkan anak-anaknya. “Bapak dan Ibu yang sedang melakukan pendaftaran untuk sekolah lanjutan, saya bisa memahami. Saya bisa merasakan lelah dan kecewa Bapak dan Ibu saat data anak-anak kita tidak dapat ditampung di server Dinas Pendidikan DKI Jakarta,” kata Anies Baswedan.
 
Mendikbud mengajak para orangtua mengikuti proses ulang PPDB di Jakarta ini sesuai jadwal baru yang ditetapkan Disdik DKI Jakarta.
"InsyaAllah perubahan jadwal ini tidak merugikan siapapun. Toh semua proses ditunda, bukan hanya sebagian pendaftar. Lebih baik diundur tapi sistem aman, daripada dipaksakan seperti jadwal semula tapi berpotensi muncul masalah," ujar Mendikbud.
 
Mendikbud juga mengajak para orang tua mengikuti jadwal PPDB yang baru. “Marilah kita bersabar dan kita ikuti ajakan Kepala Dinas Pendidikan Bapak Sopan Adrianto untuk melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan jadwall baru yang diberikan,” kata Mendikbud Anies Baswedan.
 
Penjadwalan ulang tersebut mulai dijalankan pada Sabtu (18/6/2016) dengan agenda pra pendaftaran. Kemudian tahap pertama untuk jalur khusus akan dilaksanakan pada 20-22 Juni 2016.  melalui https://jakarta.siap-ppdb.com/
Untuk mendukung proses tersebut, Disdik DKI Jakarta juga memutuskan menunjuk server situs provider yang baru dan meminta meningkatkan bandwidth menjadi dua kali lipat. Dengan ini diharapkan tidak lagi memunculkan kendala kesulitan mengakses situs pendaftaran calon siswa SMA dan SMK Negeri di Jakarta. 
 
“Semoga dan insya Allah pendaftaran ulang kali ini akan berjalan lancar. Dan bila Pemprov DKI membutuhkan bantuan dari Kemdikbud, kami siap," Anies menambahkan. ***
 
Jakarta, 17 Juni 2016
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sumber :

 


Penulis : administrator
Editor :
Dilihat 756 kali