​Mendikbud dan Menkominfo Dukung Literasi Digital dan Internet Sehat  06 Juni 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara hadir sebagai pembicara dalam Seminar Literasi Digital yang bertajuk "Bersama Anak Berteman dengan Dunia Online”. Kedua menteri tersebut mengisi sesi kebijakan dengan masing-masing materi, yaitu “Literasi Digital dalam Konteks Pendidikan Nasional” dan “Kebijakan dan Implementasi TIK bagi Generasi Digital”.
 
Mendikbud Anies Baswedan menyampaikan paparannya tentang bagaimana mengelola literasi digital di rumah dan di sekolah. Menurutnya tantangan terbesar saat ini adalah bagaimana mendidik orangtua dan guru dalam menerapkan literasi digital kepada anak.
 
“Untuk melatih guru, kita lakukan sekarang dengan tiga pendekatan, pertama dengan tatap muka, kedua dengan metode daring atau online, dan yang ketiga adalah dengan kombinasi (tatap muka dan daring),” ujarnya saat Seminar Literasi Digital di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (4/5/2016).

 
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan orang tua dan guru tidak perlu merasa khawatir akan digitalisasi. Justru mereka sebaiknya bisa memilah apa saja yang positif dari perkembangan teknologi yang semakin pesat, terutama untuk bidang pendidikan.Karena itu Kemenkominfo juga mendukung literasi digital melalui pembangunan insfrastruktur.
 
Ia menjelaskan tentang proyek 'Palapa Ring'. Proyek pemerintah yang bertujuan untuk menghubungkan jaringan telekomunikasi di 440 kota/kabupaten se-Indonesia. “Targetnya tahun 2019, semua ibu kota, kabupaten, kotamadya harus sudah terhubung dengan broadband. Nah, kita nanti tinggal memetakan sekolah yang di-manage oleh Pak Anies dengan infrastruktur yang ada,” kata Rudiantara.
 
Kedua menteri pun sepakat bahwa masyarakat harus bisa menerapkan internet sehat, dan mengenalkan literasi digital yang positif kepada anak-anak.
 
Seminar Literasi Digital merupakan hasil kerja sama dari Sekolah Gemala Ananda, ICT Watch, Yayasan Sejiwa, dan Think.Web, serta didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Selain dihadiri oleh Mendikbud dan Menkominfo, acara tersebut juga dihadiri oleh pegiat internet sehat, Donny B.U. dan praktisi industri digital, Ramya Prajna. (Aji Shahwin)
 

Sumber :

 


Penulis : Aji Shahwin
Editor :
Dilihat 1721 kali