Muhammad Chozin  15 Juni 2016  ← Back

Riwayat Pendidikan Formal
 
  1. S-2, Master of Art of International Affair (M.A.I.A), College of International Studies, Ohio University, USA. Field of Study: Southeast Asian Studies [lulus bulan Juni 2008].
  2. S-1, Sarjana Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. [lulus Februari 2004].
  3. Fakultas Syariah, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia [belum selesai].
 
Riwayat Jabatan  :
 
  1. Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2014 - sekarang
  2. Regional Coordinator untuk program Indonesia Governance Index (IGI) di KEMITRAAN, Partnership for Governance Reform [Juli 2012 - Oktober 2013 dan Agustus 2008 - Maret 2009]. Tugas utamanya adalah melakukan supervisi terhadap para peneliti IGI di 33 provinsi dalam proses pengumpulan data, melakukan wawancara, menyusun laporan dan menyelenggarakan seminar-seminar terkait dengan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). IGI adalah melakukan riset mengenai tata kelola provinsi pertama di Indonesia, yang mendapatkan pengharagaan langsung dari UKP4 (Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan). Website: www.kemitraan.or.id/igi
  3. Verité Inc, Fair Labor Worldwide, California [September 2010 to February 2011].
  4. Asisten Peneliti untuk program penelitian mengenai buruh anak (forced child labor) pada aktivitas penangkapan ikan secara ilegal di Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara. Penelitian ini menjadi studi awal bagi Organisasi Buruh Internasional (ILO) dalam proses pembuatan kebijakan mengenai pekerja anak-anak di level internasional. 
  5. Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR-RI) [Oktober 2009 – Februari 2010]
  6. Staf Ahli anggota DPR-RI Komisi I (bidang pertahanan, media, dan hubungan internasional). Tugas utamanya adalah memberikan analisis harian mengenai isu-isu di bidang pertahanan, media, dan hubungan internasional). Disamping itu juga memimpin para staf menjalankan tugas-tugas mendukung kinerja anggota DPR. Sistem organisasi dan Website anggota DPR yang kami buat mendapatkan penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai web paling interaktif dan memuat hasil-hasil sidang secara up-to-date. Model staffing yang kami buat juga menjadi percontohan bagi anggota DPR lainnya dan mendapatkan pernghargaan dari FORMAPPI.
  7. OXFAM GB Indonesia, Makassar [Juni - Juli 2009].
  8. Konsultan Publikasi untuk proyek penelitian mengenai akses dan pengembangan pasar pada masyarakat pesisir di kawasan Indonesia timur. Tugas utamanya adalah memberikan konsultasi dalam proses penyusunan laporan, mempublikasikannya, dan membuat acara-acara seminar terkait sosial-ekonomi masyarakat pesisir.
  9. Yayasan Nurani Dunia [Agustus 2008 – Mei 2009] – Pendiri: Prof. Imam Prasodjo
  10. Program Volunteer tetap pada program-program pendidikan untuk anak-anak dari keluarga marjinal di kawasan kumuh yang berlokasi di belakang Tugu Proklamasi – Menteng. Program ini berlangsung selama lebih dari satu tahun, dimana saya dan seorang kawan aktivis dari Amerika secara rutin memberikan kursus gratis bagi anak-anak yang rata-rata orang tuanya adalah pecandu narkoba.
 
Prestasi/ Penghargaan yang pernah diterima:
 
  1. Beasiswa Ford Foundation International Fellowships Program (IFP) untuk menempuh program master di Ohio University, USA [Maret 2006 – Juni 2008].
  2. Penghargaan (Beasiswa) Stephen H. Fuller Scholarship untuk kompetisi penelitian antropologi tentang aktivitas nelayan ilegal di Indonesia [Juni 2007 – Agustus 2007].
  3. Juara Pertama untuk kategori Sosiologi & Antropologi untuk penelitian mengenai nelayan ilegal pada acara Research & Creative Activity Expo di Ohio University, USA [15-16 May 15-16, 2008].
  4. Penghargaan dan Beasiswa mengikuti workshop di Center for East Asian and Pacific Studies (EAPS), Asian Educational Media Service (AEMS), and Applied Technologies for Learning in the Arts & Sciences (ATLAS) at The University of Illinois at Urbana-Champaign [May 15-17, 2008].
  5. Beasiswa Johanna De Ridder Foundation Scholarship (Netherland), untuk S-1 di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta [September 1998 – Agustus 1999].
 
Karya Tulis
  1. Buku: Selamat Datang Presiden Jokowi. Diterbitkan oleh Bentang Pustaka (Grup Mizan), Yogyakarta (2014)
  2. Buku (editor): “Ekonomi Kerakyatan; Kumpulan Hasil Diskusi AIFIS”. Diterbitkan oleh Suluh Press dan AIFIS (American Institute for Indonesian Studies) – 2014.
  3. Buku: “Illegal but Common, Life of Blast Fishermen on the Spermonde Islands of South Sulawesi”.  Diterbitkan oleh by VDM Verlag, Jerman (Juni 2009). Tersedia di  www.amazon.com
  4. Buku: “Manuskrip Mahasiswa Islam”. Diterbitakan oleh HMI Cabang Yogyakarta (2004).

Sumber :

 


Penulis : administrator
Editor :
Dilihat 850 kali