Mendikbud Muhadjir: Siswa Harus Dibekali Keterampilan  02 Agustus 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pendidikan idealnya dibekali dengan keterampilan untuk siswa. Dengan begitu, siswa dapat bekerja jika tak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

“(Pendidikan) harus disertai keterampilan-keterampilan tertentu. Apabila tidak bisa melanjutkan, bisa bekerja dan mencari mata pencaharian sesuai kemampuan keterampilan. Itu salah satu yang disebut dengan life skill,” ujar Mendikbud Muhadjir Effendy saat memebrikan sambutan dalam pembukaan Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) Bidang Keterampilan di Plasa Insan Berprestasi, Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Ia mengatakan, di luar negeri, siapapun yang mempekerjakan anak SMA dinilai melanggar undang-undang, karena yang boleh bekerja adalah mereka yang sudah lulus SMA dan plus satu. Artinya, setelah siswa lulus SMA, harus mengambil kursus atau pelatihan minimal satu tahun, baru diperbolehkan menjadi tenaga kerja.

“Tapi di Indonesia tidak mungkin, kadang tamat SMP dan SMA sudah bekerja," kata  Mendikbud.

Karena itu siswa hendaknya juga dibekali dengan keterampilan, sehingga bisa bekerja jika tak bisa melanjutkan pendidikan. Untuk membekali siswa dengan keterampilan tertentu, salah satu layanan pendidikan yang diberikan Kemendikbud adalah dengan pilihan alternatif pendidikan, yaitu SMP Terbuka dan SD-SMP Satu Atap.

Model sekolah seperti itu, tutur Mendikbud, harus diperbanyak karena sangat dibutuhkan masyarakat terutama di luar Jakarta. "Mereka juga anak bangsa, alangkah disayangkan jika hanya segelintir yang bisa menikmati pendidikan," ucapnya.

Salah satu bentuk dukungan Kemendikbud dalam memotivasi dan meningkatkan keterampilan peserta didik di SMP Terbuka dan SD-SMP Satu Atap adalah dengan menyelenggarakan Lomojari. Lomojari dianggap memiliki nilai strategis dalam sosialisasi dan pengembangan SMP Terbuka. Lomojari merupakan kegiatan rutin tahunan dengan tujuan  untuk menyosialisasikan SMP Terbuka kepada masyarakat, mendorong peserta didik SMP Terbuka lebih tekun belajar, dapat meningkatkan mutu pembelajaran, memberikan bekal keterampilan kepada anak didik. 

Sumber :

 


Penulis : Desliana Maulipaksi
Editor :
Dilihat 2986 kali