Kemendikbud Dukung Sineas Muda Berkembang  01 September 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendukung penuh setiap ajang yang memberi kesempatan para sineas muda Indonesia berkembang. Kepala Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kemendikbud Maman Wijaya mengatakan, Kemendikbud mengapresiasi komunitas film yang membina dan memberi peluang sineas muda belajar dari tokoh-tokoh perfilman.
 
Salah satu gerakan dari komunitas film yang menuai pujian Kepala Pusbangfilm adalah Gerakan 1000 Movie Maker, yang mengajak, membimbing, dan memberi peluang generasi muda ikut serta dalam pembuatan film pendek dan film layar lebar.
 
"Ini program yang sangat bagus, perlu didukung. Bahkan ada sembilan kementerian yang mendukung. Tentu Kemendikbud yang menangani bidang pendidikan dan kebudayaan sangat mendukung," kata Maman dalam peluncuran Gerakan 1000 Movie Maker, di kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (31/8/2016).
 
Maman berharap gerakan ini bisa berkembang menjadi besar, apalagi pemerintah mendukung penuh gerakan pemberdayaan sineas muda tersebut. "Mudah-mudahan kita bisa mendukung gerakan ini menjadi besar, kalau bisa movie maker-nya tidak hanya seribu tapi satu juta," ujar peraih doktor dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung tersebut.
 
Gerakan 1000 Movie Maker mengajak generasi muda yang tertarik dalam pembuatan film berpartisipasi dalam pembuatan film pendek maupun film layar lebar yang mengangkat tema budaya maritim Indonesia. Beberapa sineas muda seperti Kirana Kejora, Aminoto Kosim akan membimbing para peserta.
 
Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Kemaritiman) Safri Burhanuddin secara resmi meluncurkan gerakan ini. Safri mengatakan, film merupakan media yang paling tepat untuk mengomunikasikan kebijakan dan program pemerintah pada era digital saat ini.
 
"Melalui film sebagai lokomotif, diharapkan gerakan ini dapat mengembalikan dan mempercepat Indonesia menjadi bangsa maritim," kata pria kelahiran Ujung Pandang tersebut. 
 
Dalam waktu dekat, Kemenko Kemaritiman akan menggelar kompetisi film pendek bertema “Pesona Bangsa Maritim”, dan mengajak para sineas muda berpartisipasi. Tiga film pendek pemenang kompetisi itu bersama film layar lebar berjudul 'Sunu' karya anak-anak dari Kepulauan Seribu akan diputar dalam peringatan Hari Nusantara tahun ini. Hari Nusantara akan digelar pada 13 Desember 2016 di Lembata, Nusa Tenggara Timur, dan akan dihadiri Presiden Joko Widodo. (Nur Widiyanto)

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 923 kali