Malang Art Week, Apresiasi untuk Seluruh Seniman Lokal  02 September 2016  ← Back

Malang, Kemendikbud --- Festival seni dan budaya “Malang Art Week” 2016 resmi dibuka tadi malam, Kamis (1/9/2016).  Wakil Walikota Malang, Sutiaji dan Direktur Kepercayaan dan Tradisi Ditjen Kebudayaan Kemendikbud, Sri Hartini membuka secara resmi Malang Art Week 2016 yang menjadi salah satu rangkaian dalam Pekan Budaya Indonesia (PBI) 2016 di Malang, Jawa Timur.

Malang Art Week merupakan gelaran seni dan budaya yang digawangi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, bekerja sama dengan Ditjen Kebudayaan Kemendikbud. Acara yang terpusat di Taman Krida Budaya ini akan berlangsung sampai tanggal 3 September mendatang. Tak hanya penampilan dari seniman asal Kota Malang saja, Malang Art Week juga menampilkan gelaran seni tradisi dari Irak, Sudan, Thailand dan Jepang.

“Kami mengucapkan selamat kepada Kota Malang atas penyelenggaraan Malang Art Week 2016. Ini adalah kegiatan yang luar biasa, sebab melalui kegiatan ini, kita akan bersama-sama melestarikan dan menggaungkan budaya Indonesia. Tidak hanya pada sektor lokal dan regional, tetapi juga nasional, bahkan internasional,” ujar Sri Hartini saat pembukaan Malang Art Week di Taman Krida Budaya, Malang, (1/9/2016).

Ia mengatakan, Malang Art Week menunjukkan adanya sinergi dan koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah dalam meningkatkan ekosistem kebudayaan. “Sebab menjaga kebudayaan negeri bukan hanya tanggung jawab pemerintah pusat saja, tetapi dari semua pihak. Budaya adalah aset bangsa, jadi harus dijaga bersama,” tuturnya. Ia juga menyampaikan apresiasi terhadap seluruh seniman Indonesia yang telah berpartisipasi dalam Malang Art Week 2016.

Wakil Walikota Malang, Sutiaji mengatakan, Malang Art Week dapat menjadikan Kota Malang menjadi destinasi wisata ke depannya. “Mudah-mudahan dapat menggugah kita semua, untuk lebih mencintai seni dan budaya yang kita miliki, serta dapat menunjukan identitas Indonesia dalam kancah internasional,” ujarnya.

Malang Art Week menjadi salah satu rangkaian dari Pekan Budaya Indonesia (PBI) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. PBI sendiri akan diselenggarakan hingga tanggal 5 September 2016, di beberapa titik di Malang Raya. (Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : Desliana Maulipaksi
Editor :
Dilihat 645 kali