Kemendikbud Akan Menjadi Tuan Rumah Forum Pertukaran Pembelajaran Internasional Sanitasi Sekolah  07 Oktober 2016  ← Back



Jakarta, kemendikbud
--- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menjadi tuan rumah dalam acara The 5th WASH in Schools International Learning Exchange (WinS ILE). Forum Pertukaran Pembelajaran Internasional Sanitasi Sekolah ke-5 yang didukung oleh United Nations Children's Fund (UNICEF) dan Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) ini akan diselenggarakan di Kantor Kemendikbud Jakarta, pada tanggal 14 s.d. 18 November 2016.

Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan menengah Kemendikbud, Wowon Widaryat berharap kegiatan ini dapat mengikat komitmen bersama untuk melaksanakan sanitasi sekolah sebagai bagian dari rencana program jangka pendek maupun jangka panjang, khususnya bagi pemerintah guna mendukung Program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) yang telah ada.

“Sanitasi sekolah harus sejalan dengan apa yang telah pemerintah lakukan. Jangan sampai masyarakat umum menilai bahwa sanitasi sekolah merupakan hal yang baru sehingga tumpang tindih dengan Program UKS/M”, kata Wowon saat membuka secara resmi lokakarya persiapan WinS ILE di Jakarta (4/10/2016).

Direktur Wowon menambahkan, adapun landasan penyelenggaraan pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah dilakukan secara konsisten, sehingga menjadi budaya hidup bersih dan sehat, serta mampu membentuk karakter peserta didik.

WinS ILE merupakan agenda tahunan yang diikuti sebanyak 16 negara di kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara, yang bertujuan untuk memperkuat komitmen bersama, mendorong sekolah agar memiliki akses fasilitas air bersih, sanitasi, dan perilaku hidup bersih dan sehat. (Erika Hutapea)

Sumber : BKLM

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1997 kali