Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2016  03 Oktober 2016  ← Back








OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) adalah ajang kompetisi penelitian ilmiah tahunan bagi siswa SMA/MA, baik berupa karya tulis maupun temuan (invention).

Tahun 2016 merupakan tahun ke-8 bagi Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud menyelenggarakan OPSI bekerja sama dengan Indonesia International Institute for Life-Sciences (i3L). Tahun ini, bidang lomba OPSI dibagi ke dalam tiga kategori, yakni:
a. Sains dan Teknologi;  
b. Matematika dan Rekayasa;  
c. Ilmu Sosial dan Humaniora.

Dengan mengusung pesan #MenelitiItuSeru, OPSI ingin terus berupaya mengubah pandangan umum siswa terhadap penelitian yang dianggap sebagai suatu pekerjaan serius, sulit, dan cenderung membosankan. OPSI ingin memberikan siswa pengalaman meneliti dengan cara yang menyenangkan sehingga minat meneliti terus meningkat dan dapat ditularkan oleh peserta OPSI pada teman dan lingkungannya.

Sebagai salah satu agenda penting Direktorat Pembinaan SMA, OPSI 2016 juga merupakan ajang seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai ajang lomba penelitian tingkat dunia sebagaimana telah dilakukan sebelum-sebelumnya.

Info lebih lanjut mengenai OPSI dapat dibaca di http://psma.kemdikbud.go.id/opsi_homepage
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 9299 kali