Kemendikbud Bangun LPMP di Provinsi Kalimantan Utara  02 November 2016  ← Back

Bulungan, Kemendikbud --- Dalam mendukung percepatan pembangunan di Provinsi Kalimantan Utara melalui pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membangun Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Awal pembangunan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, dan Gubernur Kalimantan Utara Iriyanto Lambrie.
 
“Kami ucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Utara dan Bupati Bulungan yang telah menghibahkan tanah di Kabupaten Bulungan seluas kurang lebih 4 hektar. Di atas tanah tersebut akan segera kita bangun LPMP, dengan meggunakan anggaran tahun depan." Demikian disampaikan Mendikbud dalam sambutannya di acara peletakan batu pertama persiapan pembangunan LPMP Provinsi Kalimantan Utara, di Kecamatan Bumi Ayu, Kabupaten Bulungan, Selasa (01/11/2016).
 
Mendikbud mengatakan, pembangunan LPMP Provinsi Kalimantan Utara ini akan dilangsungkan melalui program pembangunan Multi Years. Program pembangunan ini dilakukan karena pembangunannya tidak akan mungkin sekali jadi, tetapi diperlukan sekitar 2 atau 3 tahun ke depan. “Oleh sebab itu kami butuh dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dan Kabupaten Bulungan dalam proses pembangunan LPMP ini,” pesan Mendikbud.
 
Ke depan dalam perkembangannya, kata Mendikbud, setelah pembangunan gedung LPMP akan dibangun juga Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK). Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat peran guru dan kepala sekolah di Kalimantan Utara. Selain itu, untuk memberikan akses pendidikan di daerah Terdepan Provinsi Kalimantan Utara, juga akan di bangun Sekolah Berasrama (Boarding School).
 
“Program pembangunan sekolah berasrama di Provinsi Kalimantan Utara diharapkan dapat membantu  memberikan kualitas pendidikan yang memadai kepada siswa dan siswi atau calon siswa yang berada di kawasan perbatasan. Untuk mendapatkan pendidikan,  anak-anak di daerah perbatasan tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke sekolah dari rumahnya, tetapi cukup tinggal di asrama saja,” jelas Mendikbud.
 
Pada kesempatan ini Gubernur Kalimantan Utara Iriyanto Lambrie menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kemendikbud dalam membantu percepatan pendidikan di Kalimantan Utara. Ia berharap, di tahun 2018 LPMP sudah dapat dioperasikan, dan bisa menjadi wadah bagi para guru-guru untuk mendapatkan akses pelayanan, peningkatan kompetensi, sehingga pada akhirnya akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Kalimantan Utara.
 
“Besar harapan kami, dengan dibangunnya LPMP Provinsi Kalimantan Utara, di masa mendatang lembaga ini dapat juga berfungsi untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan, dan juga sekaligus sebagai tempat untuk mengembangkan pengelolaan sistem Informasi mutu pendidikan,” harap Gubernur.
 
Hal menarik dalam perjalanan menuju lokasi pembangunan LPMP, di tengah perjalanan Mendikbud disambut oleh sekelompok siswa dan siswi SD Negeri 02 Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan. Melihat para siswa dan siswi tersebut, Mendikbud mendadak berhenti dan turun dari kendaraan untuk menyapa anak-anak tersebut. Tidak hanya menyapa, Mendikbud juga beranjak mengunjungi sekolah tersebut dan berdialog dengan para siswa beserta guru dan Kepala Sekolah.
 
Mengetahui sekolah dasar tersebut tidak memiliki perpustakaan, secara spontan Mendikbud menyampaikan akan memberikan bantuan untuk membangun ruang perpustakaan baru. Selain itu, Mendikbud juga memberikan bantuan untuk pengadaan alat olah raga peserta didik. “Kami akan mencoba membantu membangun ruang perpustakaan baru, dan juga kami berikan bantuan tunai ini untuk membeli alat olahraga baru siswa,” pungkas Mendikbud.
 
Turut mendampingi dalam kunjungan kerja Mendikbud ke Provinsi Kalimantan Utara Bupati Bulungan H.Sudjati, dan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad.



 
Kabupaten Bulungan-Kaltara, 1 November 2016
 
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudaya

Sumber : BKLM

 


Penulis : Administrator
Editor :
Dilihat 2479 kali