Mendikbud Ajak Bakohumas Sosialisasikan Pendidikan Karakter dan Penyaluran KIP  18 November 2016  ← Back

Bandung, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menjadi narasumber di Anugerah Humas Indonesia 2016 di Bandung, Jumat (18/11). Mendikbud bicara tentang penguatan pendidikan karakter dalam menanamkan wawasan kebangsaan.
 
Di hadapan ratusan Humas pemerintah yang tergabung dalam Badan Koordinasi Humas (Bakohumas), Mendikbud mengajak semua pihak ikut mensosialisasikan program Kemdikbud. 
 
"Pendidikan itu melibatkan sekolah, keluarga dan masyarakat. Bakohumas menjadi potensi masyarakat yang bisa mengambil peran strategis untuk sosialisasi pendidikan karakter dan penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP)," ajak Mendikbud.
 
Dalam hal pendidikan karakter mendikbud menyatakan pentingnya nasionalisme ditanamkan secara serius kepada  siswa pendidikan dasar. Namun demikian globalisme menjadi tantangan berat. Untuk itu pendidikan karakter bukan menolak globalisme tetapi dapat berbagi ruang dengan nasionalisme. "Jangan sampai globalisme menggerus nasionalisme," tegas Mendikbud.
 
Lebih lanjut, dikatakan, penguatan Pendidikan karakter tidak semudah mengajarkan pengetahuan. Karakter memiliki dua sisi, negatif dan positif. Sikap positif berpotensi melahirkan perilaku positif, demikian pula sebaliknya. 
 
"Maka pendidikan harus membentuk budi pekerti yang baik, karakter positif, yang didasari pada nilai-nilai baik dari agama, budaya, kebangsaan dan sebagainya," tutur Muhadjir.
 
Ditanya oleh salah seorang peserta tentang sikap mental masyarakat yang serba dimanjakan oleh bantuan sosial, kesehatan dan pendidikan, Mendikbud mengajak semua pihak ikut mengedukasi. Pihaknya, misalnya, telah mencoba membangun sikap hidup hemat dan produktif melalui kartu pintar untuk KIP agar penerimanya tidak boros dan tidak manja. Kecermatan dalam membelanjakan bantuan pemerintah harus dikontrol agar masyarakat dapat terbiasa dengan sikap cermat.
 
"Saya percaya Bakohumas dapat menjadi mitra strategis kemdikbud dalam sosialisasi sikap mental itu," harap Mendikbud. ***




 
Bandung, 18 November 2016
 
disiapkan oleh:
Staf Khusus Mendikbud Bidang Komunikasi Publik,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
 
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 4965 kali