Berbagai Acara Perfilman Meriahkan Puncak Peringatan Hari Film Nasional  31 Maret 2017  ← Back


Jakarta, Kemendikbud --- Berbagai acara perfilman dilaksanakan untuk memeriahkan puncak peringatan Hari Film Nasional tahun 2017 (HFN 2017). Acara yang dikemas dengan nama 'Film and Art Celebration 2017' (FILARTC 2017) digelar di studio Produksi Film Negara (PFN) Jakarta Timur, 30 Maret hingga 1 April 2017.
 
Berbagai acara dalam FILARTC 2017 meliputi pemutaran film, forum diskusi film, lokakarya, seni pertunjukan, pameran, dan lain-lain. FILARTC tahun ini merupakan kegiatan kedua kali setelah FILARTC tahun 2015 yang berhasil menarik minat banyak pengunjung.
 
Dalam acara puncak peringatan HFN 2017, Kamis (30/3/2017), hadir sejumlah pejabat terkait perfilman, seperti Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, Ketua Lembaga Sensor Film (LSF) Ahmad Yani Basuki, dan Kepala Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Maman Wijaya. Selain itu beberapa sineas senior seperti Slamet Rahardjo dan Deddy Sutomo juga tampak hadir.
 
Kepala Bekraf Triawan Munaf berharap peringatan HFN dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan perfilman nasional. "Peringatan HFN ini perlu diteruskan dengan program-program nyata yang dapat memberikan kontribusi konstruktif bagi pengembangan perfilman nasional yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas industri film Indonesia," kata Triawan Munaf.
 
Triawan menilai Kemendikbud telah menjalankan amanat Undang-undang Nomor 33 tahun 2009 tentang perfilman dalam hal fasilitasi kepada para pemangku kepentingan perfilman dan perumusan kebijakan tentang perfilman. "Saya berharap Kemendikbud dan Bekraf dapat bekerja sama lintas sektoral dengan seluruh pemangku kepentingan perfilman untuk menciptakan ekosistem perfilman yang sehat," ujar Kepala Bekraf.
 
Dalam kesempatan tersebut Kemendikbud memberikan penghargaan kepada sepuluh orang pekerja film yang telah mengabdi puluhan tahun dalam industri perfilman nasional. Peghargaan diserahkan oleh Kepala Bidang Apresiasi Pusbangfilm Sanggupri.
 
"Kemendikbud mengapresiasi jasa-jasa dan pengabdian Bapak dan Ibu yang telah mengabdi puluhan tahun dalam industri film nasional," kata Sanggupri.
 
Selain itu dua buah buku diluncurkan dalam kesempatan puncak peringatan HFN tersebut. Kedua buku tersebut yaitu 'Kaleidoskop Film Nasional 2008-2016' dan 'Merayakan Film Nasional'. (Nur Widiyanto)

Sumber : BKLM

 


Penulis : Nur Widiyanto
Editor : Anandes Langguana
Dilihat 11671 kali