Dorong Kualitas Pendidikan, Kemendikbud Gelar Simposium Regional Teknologi Pembelajaran 2017  29 Maret 2017  ← Back



Jakarta, Kemendikbud --- Media pembelajaran merupakan salah satu elemen penting dalam dunia pendidikan. Pengembangan media bahan belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi diperlukan guna mendukung kualitas pendidikan Indonesia.

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) sebagai instansi pembina Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (Jabfung PTP), menyelenggarakan Simposium Regional Pengembang Teknologi Pembelajaran di Hotel Menara Peninsula, Jakarta (29/3/2017).

Simposium Regional Pengembang Teknologi Pembelajaran ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai wadah pertukaran pengetahuan dan berbagi pengalaman antar pakar dan praktisi dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) jabfung PTP di lapangan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam sambutannya menuturkan, bahwa media pembelajaran merupakan salah satu aspek penting dalam mendorong kualitas pendidikan di Indonesia.

"Media pembelajaran memiliki peran penting dalam memajukan dunia pendidikan," ujarnya.

Muhadjir pun berharap pertemuan ini dapat menjadi ajang tukar pikiran yang efektif antar pengembang sehingga nantinya dihasilkan inovasi dalam dunia pendidikan yang dapat membantu siswa, termasuk penyandang disabilitas.

"Saya berharap nanti akan ada inovasi dari pertemuan ini, termasuk untuk menunjang sarana belajar mengajar bagi penyandang disabilitas," tambah Mendikbud.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbud Didik Suhardi dalam laporannya juga menyampaikan harapannya agar acara ini dapat mengoptimalisasi jabfung PTP. “Terkait dengan pembelajaran yang semakin dibutuhkan, anak-anak dapat belajar tidak hanya dari guru tapi juga dari pembelajaran yang dikembangkan oleh PTP,” tuturnya.

Dalam acara yang berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 29 - 31 Maret 2017 ini, akan hadir pula pakar dan praktisi baik dari instansi lingkungan Kemendikbud, Dewan TIK Nasional (Wantiknas), maupun dari perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengembangan teknologi.

Simposium ini diikuti oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN), dengan Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (Jabfung PTP) antara lain guru, dan juga dari Perguruan Tinggi, Balai Teknologi Komunikasi (Tekkom), Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK). (Aji Shahwin)
Sumber : BKLM

 


Penulis : Aji Shahwin
Editor : Anandes Langguana
Dilihat 10514 kali