Hampir Dua Ribu Siswa di Kabupaten PALI Cairkan Dana PIP Hari Ini   20 Maret 2017  ← Back

PALI-Sumsel, Kemendikbud – Sebanyak  1.717 siswa di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Provinsi Sumatera Selatan, mencairkan dana bantuan pemerintah Program Indonesia Pintar (PIP). Bantuan tersebut diberikan sebagai realisasi dari program perluasan akses pendidikan, khususnya bagi  anak-anak dari keluarga tidak mampu agar dapat terus mengikuti  proses pembelajaran hingga minimal sekolah menengah.

“Dengan dicairkannya bantuan pemerintah ini dapat membantu siswa dalam memenuhi kebutuhan penunjang pendidikan. Gunakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) ini dengan tepat guna,” demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy  saat menyaksikan proses pencairan  dana KIP, di SMA Negeri 2 Kabupaten PALI, Senin (20-03-2017).

Para siswa yang mencairkan dana PIP tersebut , terdiri dari siswa jenjang Sekolah Dasar (SD) sebanyak 475 orang, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 585 orang, Sekolah Menengah Atas (SMA) 410 orang, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 247. “Saya sampaikan kepada para siswa jangan gunakan dana bantuan ini di luar penunjang pendidikan, seperti membeli pulsa, hand phone, dan lain-lain di luar kebutuhan pendidikan,” tegas Mendikbud.

Penggunaan dana bantuan PIP tepat guna ini, kata Mendikbud, merupakan pesan  Presiden RI  Joko Widodo. “Bapak Presiden berpesan agar dana bantuan untuk SD sebesar Rp450.000 pertahun, SMP Rp 750.000 pertahun, dan SMA/SMK Rp 1.000.000 pertahun, betul-betul digunakan untuk keperluan sekolah,” jelas Mendikbud saat menyampaikan pesan Presiden.

Pada kesempatan itu, Bupati PALI Heri Amalindo menyampaikan ucapan  terima kasih kepada Mendikbud beserta jajaran yang telah hadir dan menyaksikan proses pencairan dana bantuan PIP. “Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Menteri dan jajaran yang berkenan hadir. Semoga dengan kehadiran Bapak dapat memberikan semangat kepada siswa untuk lebih bersemangat lagi sekolahnya,” tutur Bupati PALI, dalam  acara yang turut dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki.  

Ikut mendampingi  Mendikbud dalam kunjungan ke Sumatra Selatan, istri Mendikbud Suryan Widati, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Sumarna Surapranata, Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Mustagfirin Amin, dan Direktur Pelestarian Cagar Budaya Ditjen Kebudayaan Harry Widianto. (*)


PALI-Sumsel, 20 Maret 2017

Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman: www.kemdikbud.go.id
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 4410 kali