Lakukan Penyegaran, Mendikbud Lantik Seratus Enam Puluh Empat Pejabat Kemendikbud  02 Maret 2017  ← Back

Mendikbud: Bangun Birokrasi Yang Cair!

Jakarta, Kemendikbud – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy melantik 164 pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kamis, 2 Maret 2017 di aula Plaza Insan Berprestasi kantor Kemendikbud, Jakarta. Pengangkatan, penetapan kembali, rotasi dan promosi ke dalam jabatan pimpinan bagi 164 orang terdiri 1 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II), 59 Pejabat Administrator (eselon III), dan 104 Pejabat Pengawas (eselon IV) di lingkungan Kemendikbud.

"Saya berjanji untuk terus melakukan tour of duty dan tour of area agar terus terdeteksi potensi-potensi penyimpangan, dan agar organisasi lebih segar, lebih baik lagi," disampaikan Mendikbud Muhadjir Effendy dalam arahannya kepada para pejabat yang baru dilantik.

Mendikbud kembali mengingatkan agar para pejabat dapat membangun birokrasi yang cair.  Disampaikannya harapan agar tidak terjadi fragmentasi berdasarkan kesukuan, perbedaan ras, agama dan hal-hal yang tidak mencerminkan profesionalisme di Kemendikbud.

Hari ini Mendikbud mengangkat dan melantik Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Ari Santoso yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom). Kepada pejabat pimpinan tinggi pratama ini, Mendikbud memercayakan tugas-tugas kehumasan serta peningkatan layanan kepada masyarakat agar dapat berjalan lancar dan meningkatkan kepuasan masyarakat.

Berdasakan data dari Biro Kepegawaian, penyegaran melalui mekanisme rotasi dan promosi ini dilakukan di semua unit utama Kemendikbud. Terdapat 14 orang dari lingkungan Sekretariat Jenderal (Setjen), satu orang dari lingkungan Inspektorat Jenderal, 11 orang dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), dan delapan orang dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPP Bahasa).

Terdapat pula delapan orang dari Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), 17 orang dari Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), dan dua orang dari Ditjen Kebudayaan. Dan 103 orang dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas). Dilaporkan, terdapat satu orang pejabat Pengawas di Balai Pengembangan Kegiatan Belajar Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BPKB PAUD dan Dikmas) Provinsi Maluku tidak dapat mengikuti pelantikan hari ini.

Rotasi dan promosi pejabat hari ini merupakan bagian dari reformasi birokrasi dalam rangka penguatan kinerja organisasi. Penetapan mutasi ini telah melalui mekanisme pertimbangan dari Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) dan ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian di Kemendikbud.

Secara keseluruhan, unit-unit kerja di Kemendikbud terdiri atas 47 eselon II, 174 eselon III, 397 eselon IV. Terdapat juga seratus tiga puluh satu Unit Pelaksana Teknis yang terdiri atas 18 eselon II.b, 77 eselon III.a, 20 eselon III.b, 15 eselon IV.a, dan satu eselon IV.b.

Menutup sambutannya, Menteri Muhadjir mengingatkan agar para pejabat yang dilantik dapat menanam kebaikan melalui kerja profesional. Tanpa mengucapkan selamat, di pelantikan kali ini Mendikbud mendoakan agar para pejabat yang dilantik dapat berbahagia di posisi baru. Seraya mendoakan para pejabat yang baru dilantik, Menteri berpesan, "Ya Tuhan, tunjukkan kepada kami bahwa yang baik itu baik, dan anugerahi kami kekuatan untuk mengikutinya. Dan tunjukkan kepada kami bahwa yang salah itu salah, dan anugerahi kami kekuatan untuk menjauhinya." (*)









Jakarta, 2 Maret 2017
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 6351 kali