Tinjau Ujian Nasional di Kepulauan Aru, Mendikbud Apresiasi Penyelenggaraan UNBK 2017  12 April 2017  ← Back



Dobo-Aru, Kemendikbud
– Disambut rintik hujan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meninjau pelaksanaan ujian nasional hari ketiga di Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, Rabu (12-4-2017). Hujan tak menyurutkan semangat para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Yos Sudarso, Dobo. Dari ruang-ruang kelas, nampak para siswa kelas XII sedang serius menghadap ke komputer di meja masing-masing, mengerjakan soal-soal Bahasa Inggris dengan serius.

Didampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), mantan Rektor Universitas Muhammadiyah tersebut melakukan pemantauan langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di wilayah timur Indonesia. Kunjungan tersebut diawali dengan SMA Yos Sudarso, Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, kemudian dilanjutkan ke SMPN 2 Kota Dobo, SMA Kristen Dobo Yayasan Pembinaan Pendidikan Kristen Dr. J.B. Sitanala, dan SMK Negeri 1 Dobo.

Pada lokasi kunjungan terakhir, Mendikbud mengapresiasi peran SMK Negeri 1 Dobo sebagai pusat penyelenggaraan UNBK untuk beberapa sekolah, yaitu SMA Negeri 1, SMAN PGRI Dobo, serta Madrasah Aliyah. Sebelumnya, pada saat penyelenggaraan UN jenjang SMK, beberapa sekolah di antaranya SMK PGRI Dobo, SMK Arafura, SMK Jeljakaka, SMK Kesehatan pun menginduk ke SMK Negeri 1 Dobo untuk penyelenggaraan UNBK.

Mendikbud sangat mengapresiasi semangat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru dan juga Pemerintah Provinsi Maluku yang memiliki inisiatif menyelenggarakan UNBK di tahun 2017 ini. Mendikbud berharap semangat kabupaten yang terletak di wilayah kepulauan tersebut juga dapat menginspirasi dan mendorong inisiatif pemerintah daerah lain di Indonesia.

Kota Dobo memiliki 3.099 peserta UN Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan SMA. Para peserta berasal dari 56 satuan pendidikan dengan rincian lima Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), 12 SMA/sederajat dan 39 SMP. Terdapat 417 siswa SMK, 976 siswa SMA yang mengikuti ujian nasional tahun 2017 ini. Tercatat sebanyak 46,40 persen peserta mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dan 53,60 persen peserta mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). (Danasmoro Brahmantyo/Anandes Langguana).
Sumber : BKLM

 


Penulis : Danasmoro Brahmantyo/Anandes Langguana
Editor : Anandes Langguana
Dilihat 13016 kali