Harmoni Bersama Masyarakat Berlangsung Meriah dengan Tema Kebudayaan  07 Mei 2017  ← Back



Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar acara Harmoni Bersama Masyarakat (HBM) sebagai bagian dari peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017. Acara HBM berlangsung dengan memanfaatkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) di halaman parkir kompleks Kemendikbud, Sudirman, Jakarta, Minggu (7/5/2017). HBM kedua ini mengambil tema "Permata Bangsa Berdaya dan Berbudaya".

Kali ini Harmoni Bersama Masyarakat (HBM) dimeriahkan dengan berbagai acara bertemakan budaya, seperti tari-tarian daerah, sekaligus untuk memperingati Hari Tari Sedunia yang jatuh pada tanggal 29 April. Berbagai sanggar tari dan sanggar kesenian dari berbagai wilayah ikut memeriahkan HBM dengan menampilkan beragam kesenian. Sanggar Seni Citra Budaya dari Bogor, misalnya, menampilkan Tari Garuda Napak, yang menggambarkan lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. Kemudian ada penampilan dari anak-anak kecil dari Sanggar Tari Kirana di Tangerang, mempersembahkan Tari Kota Baru dari daerah Kalimantan.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid hadir membuka acara Harmoni Bersama Masyarakat dengan tema kebudayaan itu.  "Harmoni Bersama Masyarakat ini selain untuk berinteraksi dengan masyarkat, juga berinteraksi bersama keluarga," ujarnya di panggung acara, di halaman kantor Kemendikbud, Minggu, (7/5/2017). Acara dibuka dengan ditandai pemukulan gendang bersama oleh Hilmar dan Sekretaris Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Wartanto.

Sejumlah acara dihadirkan untuk memeriahkan kegiatan HBM, di antaranya gerak jalan bersama, pertunjukan Rampak Gendang, Reog Ponorogo, dan Barongsai. Kegiatan pendukung juga diselenggarakan guna memeriahkan acara ini, seperti workshop atau lokakarya melukis tas kanvas, pameran kebudayaan, pemeriksaan kesehatan, pijat refleksi, dan pembagian hadiah undian (door prize).

HBM di kawasan car free day dalam rangka Hardiknas 2017 diselenggarakan Kemendikbud sebanyak empat kali setiap minggunya, mulai 30 April hingga berakhir pada 21 Mei 2017. Penyelenggara HBM bergantian dilakukan oleh unit-unit utama di lingkungan Kemendikbud. (Ryka Hapsari/Desliana Maulipaksi)
Sumber : BKLM

 


Penulis : Ryka Hapsari/Desliana Maulipaksi
Editor : Anandes Langguana
Dilihat 8577 kali