Kemendikbud Berikan Bantuan Ke Kabupaten Seluma  15 Mei 2017  ← Back

Seluma-Bengkulu, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan bantuan ke Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Bantuan tersebut diberikan sebagai wujud memberikan dukungan pengembangan pendidikan dan kebudayaan di daerah tersebut yang belum lama terbentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 3 tahun 2003, pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Pada kesempatan ini Kemendikbud memberikan bantuan satu mobil bioskop keliling yang dapat digunakan untuk sarana edukasi di Kabupaten Seluma, selain itu juga kami menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 374 siswa jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA/SMK, serta Pendidikan Kesetaraan,” demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat membacakan laporannya pada acara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2017, di halaman kantor Bupati Seluma, Bengkulu, Senin (15/05/2017).

Peringatan Hardiknas di Kabupaten Seluma juga dihadiri oleh Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani. Pemberian bantuan satu unit mobil bioskop dan pembagian KIP kepada siswa yang belum mendapatkan ini diberikan secara langsung oleh Mendikbud dan Menko PMK.

“Pengajuan proposal oleh Pemerintah Kabupaten Seluma untuk penanaman nilai budaya melalui film produksi dalam negeri, dan menjadi prioritas pada kabupaten tersebut karena belum memiliki bioskop atau layar lebar. Oleh sebab itu mobil bioskop keliling dapat bermanfaat untuk menampilkan film yang sudah mereka miliki,” jelas Mendikbud.

Beberapa film yang sudah dibeli rekamannya oleh Kabupaten Seluma yakni Laskar Pelangi, Ayat-ayat Hafalan Delisa, 7 Summer 10 Autumn, Garuda di Dadaku, Cokro Sang Guru Bangsa. “Film-film seperti ini sangat baik ditontonkan kepada anak-anak kita untuk menumbuhkan rasa nasionalime,” tutur Mendikbud.

Untuk pemberian KIP kepada 374 siswa ini diberikan ke 82 siswa Sekolah Dasar (SD), 49 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), 118 siswa Sekolah Menengah Atas, 46 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan 79 siswa Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C.

Selain memberikan bantuan Mobil Bioskop Keliling dan Program Indonesia Pintar, Kemendikbud juga memberikan bantuan sarana dan prasarana Sekolah Dasar sebesar Rp 2,1 Miliar, dan bantuan sarana TIK senilai Rp600 juta. Selanjutnya bantuan pendidikan juga diberikan kepada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Terdapat tiga lembaga PAUD yang diberikan bantuan, yakni PAUD Melati menerima bantuan rehabilitasi gedung dan alat permainan edukatif senilai Rp 70 juta, PAUD Satya Sai menerima bantuan alat permainan edukatif senilai Rp 30 juta. Bantuan ketiga diberikan kepada lembaga PAUD Pelita Bunda dengan bantuan pembangunan unit gedung baru daerah 3T dan alat permainan edukatif seniai Rp 310 juta.

Pada upacara memperingati Hardiknas di Kabupaten Seluma, Menko PMK memberikan pesan dalam sambutannya agar para penerima bantuan pemerintah dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk mendukung pengembangan pendidikan dan kebudayaan di kabupaten tersebut. “Untuk para penerima KIP, diharapkan dapat menggunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk pendukung pendidikan. Jangan gunakan KIP ini untuk keperluan diluar penunjang pendidikan,” pesan Menko PMK. *









Seluma-Bengkulu, 15 Mei 2017
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman: www.kemdikbud.go.id
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 11463 kali