Kemendikbud Berikan Bantuan PIP Kepada 500 Siswa di Bengkulu  15 Mei 2017  ← Back

Bengkulu, Kemendikbud --- Sebagai wujud memberikan layanan pendidikan yang merata dan berkualitas di Provinsi Bengkulu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) kepada 500 siswa yang berasal dari keluarga miskin dan rentan miskin.

“Pemerintah akan terus memberikan layanan pendidikan kepada anak-anak dari keluarga kurang mampu yang merata dan berkualitas melalui Program Indonesia Pintar,” demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Bengkulu, Senin (15/05/2017).

Pemberian bantuan pendidikan melalui PIP di Provinsi Bengkulu diberikan kepada 126 anak di Kota Bengkulu, dan 374 anak di Kabupaten Seluma. Pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Kota Bengkulu diberikan kepada 50 siswa jenjang pendidikan SMP, 41 siswa jenjang pendidikan SMA, 10 siswa jenjang pendidikan SMK, 10 siswa Sekolah Luar Biasa (SLB), 1 siswa jenjang pendidikan kesetaraan Paket A, 3 siswa jenjang pendidikan kesetaraan Paket B, dan 11 siswa jenjang pendidikan kesetaraan Paket C.

Sedangkan pemberian KIP di Kabupaten Seluma diberikan kepada 82 siswa jenjang pendidikan SD, 49 siswa jenjang pendidikan SMP, 118 siswa jenjang pendidikan SMA, 46 siswa jenjang pendidikan SMK, 3 siswa jenjang pendidikan Kesetaraan Paket A, 14 siswa jenjang pendidikan Kesetaraan Paket B, dan 62 siswa jenjang pendidikan Kesetaraan Paket C.

Para siswa yang mendapatkan manfaat dari Program Indonesia Pintar merasa senang dan terbantu untuk memenuhi kebutuhan penunjang pendidikan. Seperti yang disampaikan oleh Asih Handayani, siswi kelas 10, SMA Negeri 1 Kabupaten Selum. Ia mengungkapkan perasaan senang dan bahagianya mendapatkan KIP tahun 2017.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan perhatian kepada anak dari keluarga miskin. Saya akan manfaatkan KIP ini untuk memenuhi kebutuhan sekolah, seperti membeli sepatu, tas, buku, dan sebagainya. Semoga pemerintah dapat terus memperhatikan keluarga miskin, sehingga mereka dapat merasakan dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” kata Asih yang berasal dari keluarga tani.

Hal sama ungkapan kebahagiaan disampaikan oleh Sulendra Ega Pratama, Siswa jenjang pendidikan Kesetaraan Paket C, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Setela Asia Tika. Ia mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan pendidikan melalui Program Indonesia Pintar.

“Saya sangat senang bisa mendapatkan KIP, dan dapat memberikan saya semangat dalam belajar. Saya belum punya sepatu, dan dengan KIP ini saya akan beli sepatu,” ungkap Ega yang berasal dari keluarga buruh bangunan. *

Bantuan pendidikan melalui Program Indonesia Pintar pada jenjang SMA/SMK/Paket C akan mendapatkan bantuan uang senilai Rp1.000.000. Selanjutnya pada jenjang SMP/Paket B akan mendapatkan bantuan uang senilai Rp 750.000, dan pada jenjang pendidikan SD/Paket A akan mendapatkan bantuan uang senilai Rp 450.000. *





Bengkulu, 15 Mei 2017
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman: www.kemdikbud.go.id
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 13275 kali