Nurul Gafur, Siap Sambut Presiden dengan "Cita-citaku"  12 Mei 2017  ← Back



Halmahera Tengah, Kemendikbud
--- Senyum lebar nampak indah menghiasai salah satu gadis kecil penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP). Wajah polosnya terlihat ceria saat duduk menanti kedatangan orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo. Dialah Nurul Gofur, siswi kelas V SD Inpres Tapeleo. Semangat yang ditunjukannya bukan tanpa alasan. Nurul telah didaulat untuk membacakan puisi berjudul "Cita-citaku" karya gurunya, Ikra Maneke.

Terpilih menjadi satu-satunya pelajar yang berkesempatan menampilkan bakat di hadapan Jokowi merupakan satu kebanggaan tersendiri baginya. Juara kelas V SD ini juga mengatakan jika ia tidak merasa gugup saat ditanya bagaimana perasaannya menjelang pertemuan dengan Jokowi.

"Nggak, nggak (gugup) sama sekali. Saya sudah siap," tutur siswi yang menyukai pelajaran Bahasa Indonesia ini.

Baginya, membutuhkan waktu satu hari untuk menghapal puisi yang dibuat gurunya itu. Selama  itu, di bawah bimbingan guru keseniannya, ia membagi dua puisinya, bagian pertama dihapal di siang hari. Sedangkan malam hari, ia menghapal sisanya. Puisinya sendiri dibuat sehari sebelumnya.

"Latihannya di sekolah siang hari. Malamnya di rumah menghafal sisanya. Lalu diperiksa sama bu guru," jelas Nurul.

Tak hanya menghapal teksnya saja, Nurul juga mempelajari bagaimana ia harus menggerakkan tubuhnya saat membaca puisi. Segala persiapan telah ia lakukan dengan sungguh-sungguh, bahkan di hari Minggu pun ia tetap ke sekolah untuk berlatih. Karenanya, sulung dari dua bersaudara ini benar-benar siap saat tiba harinya dimana ia harus menunjukan kemampuannya. Ia pun nampak semangat saat diminta memperagakan bagaimana ia membacakan puisi.

Pelajar yang bercita-cita menjadi bidan ini berharap, dengan KIP ia bisa melanjutkan pendidikannya hingga berhasil meraih impiannya. Nurul ingin suatu saat nanti ia bisa menjaga kesehatan keluarga dan orang-orang di sekitarnya. Karenanya ia ingin menjadi seorang bidan. (Shahwin Aji Purnomo)
Sumber : BKLM

 


Penulis : Shahwin Aji. P
Editor : Anandes Langguana
Dilihat 6185 kali