Seminar Internasional Semarakkan LKS SMK Tingkat Nasional 2017  16 Mei 2017  ← Back

Surakarta, Kemendikbud – Sebagai rangkaian kegiatan Lomba Kompetensi Siswa  Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) ke-25, berlangsung pada 15 s.d. 19 Mei 2017, di Surakarta, Jawa Tengah,  diselenggarakan Seminar internasional bertajuk “Establish the Standard Quality of Vocational School Graduate to Face the ASEAN Qualification Skill Competencies”.   

Seminar  yang diselenggarakan  Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud tersebut  menghadirkan 17 pembicara dari dalam dan luar negeri dengan kapasitas dan keahlian yang telah diakui dunia internasional sesuai bidangnya masing-masing. Seminar ini digelar  di Kampus Fakultas Keguruan  dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret Surakarta,  pada 16-18 Mei 2017. Selain dihadiri langsung   para guru, seminar ini juga disaksikan sekitar 1000 guru di seluruh wilayah Indonesia melalui  telekonferensi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy,  mengatakan bahwa  salah satu dari tiga program prioritas pemerintah di bidang pendidikan adalah revitalisasi pendidikan vokasi.  Salah satu upaya yang dilakukan untuk merevitalisasi pendidikan vokasi tersebut, menurut Mendikbud, adalah dengan mengharmonisasikan siswa SMK dan lulusannya dengan dunia usaha dan dunia industri baik dalam pembelajaran maupun perolehan lapangan pekerjaan.

“Saya melihat acara seminar ini adalah ajang berbagi pengalaman dan praktik baik bagi setiap orang untuk membangun kebijakan revitalisasi pendidikan vokasi,” ujar Mendikbud Muhadjir saat memberikan sambutan pada acara pembukaan  International Seminar - “Establish the Standard Quality of Vocational School Graduate to Face the ASEAN Qualification Skill Competencies” di Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (16/5/2017).

Senada dengan itu, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hamid Muhammad, menambahkan, tujuan dari penyelenggaraan seminar internasional ini adalah untuk menyiapkan lulusan SMK dalam menghadapi era globalisasi, mengindentifikasi strategi pengembangan lulusan SMK dan kualitas SMK di masing-masing regional terutama hubungan dengan dunia usaha dan dunia industri,  serta mengembangkan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan SMK.

Beberapa pembicara dari luar negeri akan berbagi pengalaman dalam seminar ini diantaranya, Catherine Moliac, Inspektur Pendidikan Nasional Prancis;  John May , Sekretaris Jenderal The Duke of Edinburgh’s Award International Foundation; Volker Schimd, Kepala Penjualan se-Asia Pasifik PT Festo, Jerman, dan lainnya.
Sementara itu, pembicara dari dalam negeri, diantaranya,  Gatot Hari Priowirjanto, Direktur Sekretariat SEAMEO;  Ananto Kusuma Seta, Staf Ahli Mendikbud Bidang Inovasi dan Daya Saing;  Ravik Karsidi, Rektor Universitas Sebelas Maret.  (*)








Surakarta, 16 Mei 2017,
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 14184 kali