Kunjungi Kota Resik, Jokowi Bagikan 1.500 KIP  09 Juni 2017  ← Back

Tasikmalaya, Kemendikbud --- Sejumlah 1.500 pelajar memenuhi halaman Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Tasikmalaya (9/6/2017). Mereka adalah penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Presiden membagikan KIP secara simbolis kepada 10 perwakilan siswa. Kemudian, ia berpesan agar kartu tersebut digunakan sesuai peruntukannya.

"Kartu ini harus digunakan untuk urusan yang berkaitan dengan sekolah dan pendidikan," tuturnya. "Kita janjian ya, kalau kartunya dipakai untuk beli pulsa, nanti kartunya dicabut," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama Mendikbud juga menyampaikan bahwa KIP tersebut bisa dicairkan mulai tanggal 12 Juni untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Paket A dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Paket B. Sedangkan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta Paket C, sudah bisa dicairkan hari itu juga.

Sebanyak 1.500 KIP dibagikan kepada masing-masing 575 siswa SD, 238 siswa SMP, 133 siswa SMA, 340 siswa SMK, 40 warga belajar Paket A, 61 warga belajar Paket B, dan 113 warga belajar Paket C.

Penyerahan KIP ini dimeriahkan dengan adanya kuis-kuis yang disampaikan Presiden Jokowi dengan hadiah lima buah sepeda untuk masing-masing siswa atau warga belajar yang maju ke depan dan berhasil menjawab pertanyaan Presiden Jokowi.

Hampir dari setiap jenjang pendidikan bahkan termasuk kesetaraan ada siswa atau warga belajar yang maju ke depan. Rangkaian pertanyaan Presiden Jokowi di antaranya Pancasila, nama-nama provinsi, ibukota, kabupaten/kota dan hal-hal lain pengetahuan umum tentang Indonesia.

Salah satu siswa yang membuat hadirin tercengang adalah Veri siswa Sekolah Dasar yang dengan lancar dan penuh percaya diri menyebutkan beberapa ibukota provinsi mulai dari ibukota provinsi Aceh yaitu Banda Aceh, ibukota provinsi Kalimantan Barat Pontianak hingga ibukota provinsi Papua Jayapura.

"Pinter banget Veri ini," ujar Presiden Jokowi memberikan apresiasi diiringi tepuk tangan dan decak kagum hadirin. Siswa dan warga belajar yang berhasil menjawab pertanyaan Presiden menenteng sepedanya dengan gembira.

"Yang hebat bukan sepedanya, tapi ada stiker di sepedanya yang bertuliskan Hadiah Presiden Jokowi," ujar Presiden Jokowi disambut gelak tawa hadirin.

Selain Mendikbud Muhadjir, turut hadir mendampingi Presiden antara lain Menteri Kesehatan (Menkes) Nina Moeloek, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Diaz Hendropriyono, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Bupati Tasikmalaya Adang Roosman, dan Walikota Tasikmalaya Budi Budiman. Dari Kemendikbud tampak hadir Direktur Jenderal (Dirjen) PAUD dan Dikmas Harris Iskandar, Staf Khusus Mendikbud Bidang Monitoring Implementasi Kebijakan Alpha Amirrachman, Staf Teknis Mendikbud Bidang Strategi Implementasi Kebijakan Machhendra Setyo dan Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Wowon Widaryat.










Tasikmalaya, 9 Juni 2017.

Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 9910 kali