Seminar Leksikografi Ajak Masyarakat Belajar Menyusun Kamus  09 Juni 2017  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyelenggarakan seminar dengan tema “Leksikografi dan Pemelajaran Bahasa Kedua”.  Seminar Leksikografi ini bertujuan untuk membuka wawasan masyarakat tentang leksikografi, yaitu cabang ilmu Bahasa mengenai teknik penyusunan kamus. Seminar tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 9 s.d. 11 Agustus 2017 di Jakarta.
 
Seminar Leksikografi dan Pemelajaran Bahasa Kedua diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud. Seminar ini dibuka untuk masyarakat umum yang berminat dalam bidang kebahasaan, dengan jumlah peserta maksimal 100 orang, yang terdiri dari peserta dan pemakalah. Bagi masyarakat yang berminat mengikuti seminar itu, harus mengirimkan formulir peserta dan formulir pemakalah yang dapat diunduh di laman http://badanbahasa.kemdikbud.go.id . Formulir dikirimkan melalui posel (email) panitia ke alamat seminar.leksikografi@kemdikbud.go.id .
 
Peserta seminar ditentukan melalui tahapan seleksi. Calon peserta yang terpilih akan diumumkan pada 17 Juli 2017 melalui laman Badan Bahasa dan Facebook Seminar Leksikografi. Calon pemakalah juga akan melalui proses seleksi.  Calon pemakalah yang berminat dapat mengirimkan abstrak makalah yang terdiri atas 250-400 kata sesuai dengan tema atau subtema seminar. Makalah yang dikirimkan harus memenuhi ketentuan sebagai berikut: 1. Makalah belum pernah dipresentasikan dalam seminar atau diterbitkan dalam jurnal lain, 2. Makalah yang diajukan sesuai dengan tema dan subtema seminar, 3.  Makalah merupakan karya hasil dari pengaju makalah. Abstrak makalah dikirim ke alamat posel seminar.leksikografi@kemdikbud.go.id .
 
Pendaftaran peserta dan penerimaan abstrak makalah maksimal diterima panitia pada tanggal 19 Juni 2017. Abstrak yang lulus akan diumumkan pada 23 Juni 2017 melalui laman Badan Bahasa dan Sekretariat Seminar.
 
Seminar Leksikografi dan Pemelajaran Bahasa diharapkan dapat membuat masyarakat termotivasi untuk membuat kamus berkualitas. Seminar ini akan diisi oleh para pembicara utama, yaitu Prof. Dr. I Gusti Sutjaja, M.A dari Universitas Marwadewa; Dr. George Quinn dari Australian National University; Dr. Felicia Nuradi Utorodewo dari Universitas Indonesia; Deny Arnos Kwary, Ph.D dari Universitas Airlangga; dan Dr. Dora Amalia (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud).
 
Informasi lebih lanjut mengenai Seminar Leksikografi dapat menghubungi Kunkun Purwati (082113882028) atau Indri Ariyani (082111880471). Informasi seminar juga bisa dilihat laman: http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/Brosur%20Seminar%20Leksikografi.pdf . (Nuraini/ Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 6931 kali