Siswa-Siswi Yatim Kabupaten Cilacap Bersyukur Terima KIP  15 Juni 2017  ← Back



Cilacap,  Kemendikbud --- Sebanyak 3.842 siswa-siswi yatim di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari Presiden Joko Widodo di lapangan Pertamina Cilacap,  Kamis (15/6/2017). Para siswa tersebut mengungkapkan rasa syukurnya menerima KIP.

"Sangat bersyukur menerima KIP,  bisa untuk beli sepatu dan seragam," kata Keysa Ramadhani (8), siswi SD Negeri Brebek 1 Cilacap.

Keysa yang sehari-hari tinggal bersama bibinya, mengaku selama ini kesulitan membeli peralatan sekolah. Ibunya telah meninggal dan ayahnya bekerja serabutan di Jakarta. Ia mengaku untuk makan sehari-hari pun tidak selalu cukup.

Siswi kelas 2 SD tersebut berharap dana KIP dapat terus ia terima hingga jenjang SMA. "Semoga kelak bisa dapat bisa kuliah juga, saya ingin jadi guru," ujarnya.

Senada dengan Keysa, Dhika Putra Wijaya (10) juga mengungkapkan rasa bahagianya memperoleh KIP. Ia berjanji akan memanfaatkan dana KIP untuk mendukungnya bisa terus bersekolah.

"Alhamdulillah saya dibantu oleh Pak Jokowi, uangnya akan saya hemat biar bisa cukup," kata Dhika yang bercita-cita menjadi polisi.

Dalam kesempatan penyerahan KIP tersebut, Presiden Joko Widodo menjelaskan jumlah uang yang akan mereka terima. "Untuk siswa SD 450 ribu, untuk siswa SMP 750 ribu, dan satu juta untuk siswa SMA dan SMK," kata Presiden.

Tidak lupa Presiden mengimbau para siswa terus rajin belajar dan memanfaatkan KIP untuk keperluan sekolah, bukan untuk keperluan di luar pendidikan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud)  Muhadjir Effendy yang turut mendampingi Presiden mengajak para siswa bersyukur dan berterima kasih.

"Bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasihlah kepada Bapak Presiden dan pemerintah yang menetapkan kalian sebagai penerima KIP," pesan Mendikbud.

Mendikbud menambahkan bahwa para siswa SMA dan yang sederajat sudah dapat mencairkan dana KIP pada hari tersebut. "Untuk para siswa SD dan SMP mohon bersabar,  pencairannya baru bisa akhir Juni ini," tambah Muhadjir.

Mendikbud melaporkan kepada Presiden bahwa pada hari itu dilakukan percepatan pencairan dana KIP kepada siswa-siswi SMA di Kabupaten Cilacap. "Kami laporkan bahwa tadi di SMA Negeri 1 Cilacap telah dilakukan pencairan KIP kepada 300 siswa SMA," pungkas Mendikbud. (Nur Widiyanto).
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 7206 kali