UNBK SMP Berjalan Lancar, Kemendikbud Apresiasi Berbagai Pihak  15 Juni 2017  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Hasil ujian nasional (UN) jenjang SMP/MTs/sederajat telah diumumkan di seluruh Indonesia pada tanggal 2 Juni 2017. UN jenjang SMP terselenggara dengan lancar dan hampir tanpa kendala yang berarti. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun mengapresiasi berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam penyelanggaraan UN, khususnya UN berbasis computer (UNBK).
 
“Kemendikbud bekerja sama di dalam dan lintas kementerian juga sangat terjalin erat antara Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Lembaga Sandi Negara, dan berbagai instansi di pusat maupun daerah,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno, saat jumpa pers di kantor Kemendikbud, Jakarta (15/6/2017).
 
Gangguan teknis yang terjadi dalam pelaksanaan UNBK jenjang SMP, seperti pemadaman listrik, gangguan koneksi internet, kerusakan jaringan, atau kerusakan server/komputer di sekolah meskipun masih terjadi tetapi semua dapat diatasi dengan baik. Hal tersebut terjadi karena kerja sama dan dukungan yang kuat dari berbagai pihak seperti PLN, penyedia jaringan internet, kepala sekolah, guru, proktor, teknisi, pengawas, komunitas TIK, dan siswa dalam menyukseskan UN, khususnya UNBK.
 
Kemendikbud pun menargetkan adanya peningkatan jumlah sekolah penyelenggara UNBK pada tahun depan. “Tahun ini yang mengikuti UNBK jenjang SMP mencapai 32 persen. Target untuk tahun depan bisa mencapai 70 persen,”  kata Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Nizam, di kesempatan yang sama.
 
Penerapan UNBK bisa menghindari praktik kecurangan sehingga indeks integritas yang dicapai sekolah bisa 100 persen. “Karena antara satu peserta dengan peserta lainnya tidak mungkin bisa menyontek dengan soal yang berbeda,” ujar Totok.
 
Di balik kabar baik tentang peningkatan integritas dan peningkatan nilai UN murni, yang paling penting dari hasil UN adalah tindak lanjutnya. Sekolah yang secara konsisten memanfaatkan hasil UN murni untuk melakukan perbaikan menunjukkan peningkatan capaian yang terukur. Hasil ujian nasional dapat dijadikan sebagai dasar perencanaan dan intervensi yang tepat untuk menata langkah perbaikan mutu pendidikan.
 
Untuk informasi secara detail UN per provinsi, bisa mengunjungi laman http://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un . Jumlah satuan pendidikan jenjang SMP yang mengikuti UNBK tahun 2017 sebanyak 8.879 SMP, 1.970 MTs, 198 SMP terbuka, serta 693 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). (Novia Dwi Fajriani/Desliana Maulipaksi)

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 6789 kali