200-an Pelajar Ikuti Forum Pelajar Indonesia  24 Juli 2017  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Forum Pelajar Indonesia kembali digelar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali membantu fasilitasi penyelenggaraan Forum Pelajar Indonesia dengan bekerja sama dengan berbagai instansi. Forum Pelajar Indonesia merupakan satu kelompok generasi muda yang bersinergi melakukan berbagai kegiatan positif untuk menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan dan melihat Indonesia yang beragam dalam berbagai bentuk aktivitas.
Sebanyak 223 pelajar dari 32 provinsi bergabung dalam Forum Pelajar ke-9 di Graha Utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Senin (24/7/2017). Forum Pelajar Indonesia adalah forum tahunan yang melibatkan  pelajar tingkat SMA-SMK-MA dari seluruh Indonesia yang mempunyai kapasitas dan integritas. Forum ini membuka ruang pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam upaya menumbuhkan karakter kepemimpinan dan integritas pelajar Indonesia.
 
Para pelajar tersebut merupakan pelajar pilihan yang diseleksi melalui Indonesia Student and Youth Forum (ISYF). Beberapa kriteria yang ditentukan untuk calon peserta Forum Pelajar Indonesia adalah memiliki prestasi dan pengalaman kegiatan, serta aktif di organisasi. Calon peserta juga diwajibkan menulis esai maksimal 500 kata mengenai sinergi pelajar untuk Indonesia.
 
Anisa Putri Amanda, siswi SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah, merupakan salah satu peserta Forum Pelajar Indonesia yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler di sekolah. “Seni, olahraga dan organisasi. Karena tiga hal itu sangat penting ke depannya untuk membantu kita menjalani kehidupan di dunia nyata,” katanya.
 
Hal senada juga diungkapkan Bintang Perwiranegara dari SMK Migas Cepu. “Saya ingin agar di sekolah tidak hanya belajar di kelas, tapi juga ada pembelajaran di luar kelas, misalnya dengan ikut organisasi,” tuturnya.
 
Forum Pelajar Indonesia membuka kesempatan bagi pelajar untuk bertemu dengan para pemegang kebijakan dari berbagai pihak untuk menyampaikan usulan kebijakan yang mendukung kemajuan pelajar di Indonesia. Tujuannya adalah agar pelajar memahami hak dan kewajiban sebagai pelajar sehingga menjadi agen perubahan dan duta promosi berbagai kebijakan dalam berbagai bentuk kegiatan positif di daerah masing-masing.
 
Forum ini  diselenggarakan atas kolaborasi antara pemerintah (Kemendikbud dan Kementerian Kesehatan) dengan sektor swasta, serta berbagai organisasi masyarakat sipil dan media. Berbagai aktivitas akan dilaksanakan selama penyelenggaraan Forum Pelajar Indonesia pada tanggal 23 s.d. 27 Juli 2017 di Jakarta. Para peserta akan mengikuti diskusi kepemimpinan, lokakarya (workshop), pertunjukan seni-budaya, pameran sekolah, diskusi dengan CEO, serta kunjungan ke lembaga negara dan perusahaan swasta. (Desliana Maulipaksi)

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 5268 kali