26 Karya Seni Rupa Dipamerkan di Museum Basoeki Abdullah  19 Juli 2017  ← Back



Jakarta, Kemendikbud
--- Sebanyak 26 karya seni rupa dipamerkan di Museum Basoeki Abdullah, Jakarta. Karya tersebut berasal dari 16 perupa yang tergabung dalam komunitas seni rupa bernama Komunitas Titik Api. Komunitas yang lahir pada tahun 2000-an ini merupakan alumnus Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Ke-16 perupa ini berasal dari berbagai daerah, yaitu Jakarta, Bandung, Bali, dan Solo. Pameran ini berlangsung mulai 14 hingga 23 Juli 2017.
 
Direktur Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Restu Gunawan yang meresmikan pameran tersebut menyambut baik penyelenggaraan pameran hasil kerja sama Museum Basoeki Abdullah dan Komunitas Titik Api ini. Menurutnya karya-karya yang dibuat merupakan penggambaran realitas peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Restu berharap agar pesan yang tertuang melalui karya-karya tersebut dapat tersampaikan dengan baik ke masyarakat, khususnya bagi para generasi penerus bangsa.
 
Sementara itu, Kepala Museum Basoeki Abdullah, Joko Madsono mengungkapkan kegembiraan dan apresiasinya atas penyelenggaran Pameran Seni Rupa Komunitas Titik Api ini. Menurut Joko, ini merupakan suatu kebanggaan bagi Museum Basoeki Abdullah dapat bekerja sama dengan komunitas yang terus berupaya untuk berkarya dan berapresiasi dalam seni rupa bersama masyarakat luas. Ia berharap agar pameran ini dapat terapresiasi dengan baik oleh para pengunjung Museum Basoeki Abdullah.
 
Kurator Pameran Seni Rupa Komunitas Titik Api yang sekaligus Guru Besar Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS, Narsen Afatara, menjelaskan bahwa karya yang dipamerkan ini merupakan bentuk pengenalan akan tanggung jawab kemanusiaan yang dilakukan komunitas tersebut. Ia menambahkan, dari karya-karya tersebut tampak betapa Komunitas Titik Api bekerja keras untuk menjaga kualitas karya yang dibuat sekaligus terus belajar menjaga “stamina hidup”-nya dalam kehidupan bermasyarakat. (Ratih Anbarini)

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3315 kali