Diplomasi Budaya Melalui Konser Orkestra Spanyol di Danau Toba  26 Juli 2017  ← Back

 
 
Jakarta, Kemdikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan mendukung kegiatan diplomasi budaya yang membawa misi pertukaran budaya, sosial dan pendidikan. Pada tanggal 27 Juli – 2 Agustus 2017 mendatang Indonesia akan menerima kunjungan kebudayaan berupa rangkaian konser perdana dari sebuah kelompok orkestra asal Spanyol yaitu, Vinculos. Kedatangan Orkestra Vinculos itu juga untuk membantu promosi potensi pariwisata di Sumatera Utara.
 
Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid menyampaikan bahwa kegiatan pendukungan kelompok Orkestra Vinculos ini tidak hanya sekedar kegiatan diplomasi semata. “Kegiatan ini tidak hanya sebagai medium diplomasi dan interaksi budaya antardua negara semata, namun juga sebagai sarana untuk mempromosikan potensi pariwisata, khususnya Danau Toba yang sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai salah satu dari sepuluh titik pengembangan destinasi penting di Indonesia,” ujar Hilmar Farid.
 
Vinculos merupakan grup orkestra yang terdiri dari 50 pemain. Mereka akan memulai konsernya di Toba-Samosir, Sumatera Utara, pada 27 Juli – 2 Agustus 2017. Rangkaian kegiatan Vinculos di Danau Toba ini akan diselenggarakan di tiga kabupaten, yaitu Kota Balige dan Laguboti di Kabupaten Tobasa, Desa Bakkara di Kabupaten Humbahas, serta Desa Sianjur Mula-mula Lumban Suhi-suhi dan Sigulati di Kabupaten Samosir. Piliha ketiga wilayah tersebut merupakan inisiatif Ditjen Kebudayaan agar Taman Bumi Kaldera Toba (Caldera Toba Geopark) mendapatkan apresiasi dan nilai lebih bagi kunjungan kelompok Orkestra Vinculos tersebut.
 
 
Kunjungan kelompok Orkestra Vinculos akan mengusung tema Unidad en la diversidad (Bhinneka Tunggal Ika). Tidak hanya akan menyelenggarakan konser musik berbentuk pergelaran orkestra, kelompok musik ini juga akan menyelenggarakan lokakarya (workshop) musik bersama pelajar SD dan SMP, serta akan berinteraksi langsung dengan para penenun kerajinan kain Ulos Batak. (Rizki Amalia/Asri Kinasihan/Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3191 kali