Kerja Sama Kemendikbud dengan ACDP Hasilkan Berbagai Dokumen Riset Pendidikan  13 Juli 2017  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Riset memainkan peranan penting dalam proses pembuatan kebijakan di bidang pendidikan. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjalin kemitraan dengan lembaga riset Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP) untuk mempromosikan proses knowledge to policy atau pengambilan dan pembuatan kebijakan berbasis fakta dan pengetahuan.
 
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno mengatakan, kemitraan antara instansi pemerintah dengan lembaga riset dapat membantu pemerintah meningkatkan kualitas tata kelola dan layanan pendidikan di Indonesia. “Sehingga membantu kita untuk dapat merespons tantangan baru yang dihadapi bangsa dengan lebih baik,” ujarnya dalam Final Forum ACDP Indonesia di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (12/7/2017).
 
Totok menuturkan, seluruh hasil studi atau riset berupa rekomendasi dan opsi kebijakan yang dihasilkan ACDP Indonesia untuk Kemendikbud merupakan referensi yang sangat berharga bagi kementerian. Hingga saat ini, Kemendikbud telah menjalin kemitraan dengan ACDP selama 6,5 tahun.
 
Ada tiga bentuk hasil studi yang diterima Kemendikbud selama kemitraannya dengan ACDP, yaitu: (1) Dokumen riset kebijakan dan operasional serta usulan bagi reformasi peraturan dan perundangan terkait kebijakan dan pembiayaan pendidikan dasar dan menengah; (2) Dokumen riset kebijakan dan operasional serta usulan bagi perubahan kelembagaan yang diperlukan serta peningkatan kapasitas di berbagai sekolah, lembaga-lembaga pendidikan dan pelatiahan teknis kejuruan, serta universitas di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota; dan (3) Perbaikan sistem informasi dan komunikasi guna menciptakan dan memelihara proses pengembangan manajemen pengetahuan dan pembelajaran lembaga dengan baik.
 
Kemitraan Kemendikbud-ACDP juga telah menyediakan dukungan bagi pemerintah daerah, antara lain pemerintah provinsi Aceh, Papua, dan Nusa Tenggara Timur, melalui sejumlah studi dan program percontohan terkait pengembangan guru, pengajaran multibahasa, serta penguatan perencanaan dan pengawasan pendidikan.
 
Final Forum ACDP Indonesia mengusung tema “Sharing Knowledge to Policy and Beyond in the Education Sector” atau "Berbagi Pengetahuan untuk Membuat Kebijakan pada Sektor Pendidikan”. Final forum ACDP  ini merupakan forum terakhir yang diselenggarakan setelah kerja sama dengan Kemendikbud yang berlangsung selama 6,5 tahun.
 
Kerja sama Kemendikbud dengan ACDP antara lain melakukan promosi kegiatan studi dan dialog kebijakan pendidikan, serta studi reformasi institusi dan organisasi untuk mendukung prioritas strategis bidang pendidikan. Kegiatan yang rutin dan menarik minat masyarakat serta media massa antara lain kegiatan Kopi Darat (Kongkow Pendidikan, Diskusi Ahli dan Tukar Pendapat).  
(Desliana Maulipaksi)

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 4176 kali