PPDB di Kota Bima Berjalan Lancar  12 Juli 2017  ← Back

BIMA, Kemendikbud-- Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta Didik Kota Bima Ahmad Yani mengatakan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Bima berlangsung lancar pada 3-5 Juli 2017.

"Meskipun sekolah-sekolah sekarang masih libur, tapi kami tetap memantau penyelenggaraan PPDB tersebut dengan turun langsung ke sekolah," kata Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta Didik Kota Bima Ahmad Yani dalam keterangannya di Kota Bima, Senin (10/7/ 2017).

Hal itu dilakukan untuk memantau apakah pelaksanaan PPDB di sekolah-sekolah sudah sesuai dengan Permendikbud No 17/ 2017.

"Ketika ada sekolah yang tidak mengindahkan ketentuan dalam Permendikbud tersebut, tentu akan kami tegur," kata Yani.

Menurut Yani, 99% sekolah mengikuti ketentuan yang diatur dalam Permendikbud itu.
Terkait dengan zonasi, kata Yani, sebagai contoh di SMPN 2, sesuai dengan Permendikbud, setiap rombongan belajar (rombel) harus 90% menerima peserta didik yang tinggalnya terdekat ke sekolah.

"Meskipun sekolahnya libur, kami tetap memantau sekolah karena masih tetap ada kegiatan administrasi yang harus diselesaikan di sekolah itu," ujarnya.

Sementara itu, KTU UPT Kerja sama Dikmen PKPLK Bima H. Ahmad mengatakan hal yang sama, di mana PPDB tingkat SMA/SMK di kota itu juga berjalan lancar.

Kepala Sekolah SMPN I Kota Bima Hajjah Nurmah MPd  mengatakan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolahnya tidak menghadapi kendala yang berarti.

"Semua berjalan lancar sesuai arahan  Kantor Dinas  Pendidikan Propinsi NTB maupun Kepala Dinas Pendidikan Kota Bima," kata Kepala Sekolah SMPN I Kota Bima Hajjah Nurmah MPd dalam keterangannya di Bima, Senin (10/7/2017).

"Alhamdulilah loading internet untuk mendaftar lancar sekali dan para orang tua murid di Bima sudah pintar-pintar sehingga tidak ada hambatan dalam mendaftarkan putra-putrinya dalam PPDB dalam jaringan (daring)," katanya.

Menurut Ibu Nurmah, proses PPDB di sekolah tersebut bisa berjalan lancar, karena pihaknya bekerja sama dengan Telkom sebagai penyedia jasa internet, sehingga proses PPDB tidak menghadapi kendala yang berarti.

Hal itu dibenarkan oleh orang tua siswa Ibu Layli yang mengatakan proses PPDB anaknya berjalan lancar, tanpa kendala.

Menurut Layli, proses PPDB berjalan lancar karena pihak sekolah sangat membantu orang tua dalam mendaftarkan anaknya.

"Dan karena semua berjalan lancar, kami tidak mengalami praktik pungli dalam PPDB ini, sehingga sangat meringankan kami sebagai orang tua," katanya.

"Hal itu karena pihak sekolah telah menyiapkan operator IT, sehingga para orang tua tidak kesulitan dalam mendaftarkan anaknya sebagai peserta didik di sekolah ini," kata ibu Layli.
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2676 kali