Vinculos For Indonesia, Diplomasi Budaya Melalui Konser Kolaborasi Indonesia-Spanyol  31 Juli 2017  ← Back

 
Balige-Sumut, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya terus melakukan berbagai bentuk diplomasi budaya untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia. Konser bertajuk “Vinculos for Indonesia 2017” menjadi salah satu upaya diplomasi budaya antara Indonesia dengan Spanyol. Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang didatangi kelompok musik asal Spanyol bernama OCAS. Dalam sebuah projek kolaborasi musik Indonesia-Spanyol, mereka menggelar konser di Kampus IT DEL, Laguboti, Sumatera Utara, pada Sabtu sore (29/7/2017).
 
Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, menyampaikan latar belakang terselenggaranya konser Vinculos for Indonesia. “Kegiatan ini berawal dari usul Niniek L. Karim yang bercerita tentang kelompok musik orkestra Vinculos asal Spanyol. Kami berharap dari kegiatan ini dapat menjadi pembuka jalan bagi kelompok musik luar negeri lainnya untuk berkunjung ke Indonesia dan membawa pesan persahabatan antarnegara,” ujar Hilmar Farid.
 
Dengan berlatar belakang pemandangan senja di pinggir Danau Toba, konser kolaborasi perdana tersebut sukses memukau seluruh masyarakat yang hadir, termasuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Dalam sambutannya, Muhadjir Effendy menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan kolaborasi ini. “Saya sangat mengapresiasi gagasan pencerahan dalam kegiatan kolaborasi musik antara kelompok musik orkestra dari Spanyol dengan seniman lokal di Sumatera Utara,” ujarnya.
 
Ia berharap kegiatan ini dapat semakin memupuk rasa saling kesepahaman dan kebinekaan bagi masyarakat Indonesia khususnya. “Sebuah orkestra ibarat sebuah negara yang harmonis karena  dimainkan bersamaan dengan indahnya. Negara Indonesia pun demikian. Sebuah negara yang terdiri dari banyak keberagaman namun tetap dapat menjaga keharmonisan menjadi satu kesatuan,” tutur Mendikbud.
 
Konser musik perdana kolaborasi Indonesia – Spanyol dalam “Vinculos for Indonesia 2017” merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Kampus IT DEL, Laguboti, Kabupaten Toba-Samosir, Sumatera Utara, pada Sabtu (29/7/2017), dan di TB Center, Museum TB Silalahi, pada Minggu (30/7/2017).
 
Konser kolaborasi Indonesia – Spanyol dalam “Vinculos for Indonesia 2017” di Sumatera Utara merupakan konser gabungan antara kelompok musik lokal Mataniari dengan kelompok musik orkestra asal Spanyol, OCAS. Setelah dari Sumatera Utara, Projek Vinculos for Indonesia 2017 akan berlanjut di Jakarta dan Kepulauan Seribu. (Desliana Maulipaksi).
Sumber : kebudayaan.kemdikbud.go.id

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2251 kali