637 Mahasiswa Asing Belajar Budaya Indonesia Melalui Darmasiswa 2017  31 Agustus 2017  ← Back

 
Jakarta, Kemendikbud --- Sebanyak 637 mahasiswa asing dari 96 negara terpilih sebagai peserta beasiswa Darmasiswa RI dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Mereka akan mengikuti pendidikan di 55 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia. Jumlah peserta tersebut adalah hasil seleksi terhadap 1.087 pendaftar dari 103 negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia.
 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, hubungan baik antara Indonesia dengan negara lain harus ditingkatkan secara berkelanjutan agar Indonesia dapat berkontribusi terhadap pembangunan perdamaian dan ketertiban dunia. Kemendikbud selalu berkomitmen untuk berkontribusi terhadap peningkatan hubungan persahabatan tersebut, dan program Darmasiswa merupakan salah satu cara untuk mewujudkan komitmen itu.
 
“Program ini, saya yakin, akan memberikan kesempatan yang cukup bagi peserta untuk pertukaran budaya yang mengarah kepada saling pengertian antarpeserta, bukan hanya dengan para pengajar, pembimbing dan sesama peserta, tetapi juga dengan sekeliling mereka,” ujar Mendikbud saat pembukaan orientasi kedatangan peserta Darmasiswa RI Tahun Akademik 2017/2018 di Jakarta, Rabu malam (31/8/2017).
 
Ia berharap para peserta Darmasiswa RI memiliki keingintahuan yang lebih untuk mengeksplorasi budaya Indonesia dan membagikan pengetahuan dan pengalaman tersebut kepada keluarga, saudara dan teman-teman di negaranya masing-masing. “Saya berharap anda semua dapat mengajak teman-teman Anda agar datang ke Indonesia untuk mempelajari bahasa, seni dan budaya Indonesia, apakah melalui program Darmasiswa maupun melalui program lainnya,” tuturnya.
 
Dalam laporannya, Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi mengatakan, Darmasiswa RI adalah program pemberian beasiswa non-gelar selama satu tahun oleh Pemerintah RI kepada mahasiswa asing dari negara-negara mitra/sahabat untuk belajar bahasa, seni dan budaya Indonesia pada perguruan tinggi/swasta di Indonesia. “Program ini juga telah menjadi timbal-balik atau resiprokal pemberian beasiswa antara Indonesia dengan negara mitra, dan telah menjadi program soft diplomacy atau people to people contact, dalam bidang pendidikan dan kebudayaan,” katanya.
 
Didik menjelaskan, sejak dimulai tahun 1974, program ini telah diikuti oleh 7.852 peserta yang berasal dari 117 negara sahabat, dan belajar di berbagai perguruan tinggi dan swasta yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada awalnya program ini hanya mengundang peserta dari Kawasan ASEAN dengan peserta yang hanya sekitar puluhan orang. Dengan pertimbangan bahwa program ini sangat strategis sebagai sarana diplomasi budaya, jumlah dan cakupan negara dan peserta yang diundang terus ditingkatkan.
 
Untuk tahun ajaran 2017/2018, program Darmasiswa RI diikuti oleh 637 peserta yang berasal dari 96 negara dan mengikuti pendidikan di 55 perguruan tinggi di Indonesia. “Jumlah peserta tersebut adalah hasil seleksi terhadap 1.087 pendaftar dari 103 negara yang dilaksanakan mulai 9 Desember 2016 sampai dengan 25 Februari 2017,” ujar Didik. (Desliana Maulipaksi)

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 4223 kali