Dorong Generasi Muda Cinta Sastra, ASEAN Literary Festival Hadirkan JKT 48  04 Agustus 2017  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Merayakan Ulang Tahun ke-50 tahun ASEAN yang jatuh pada tanggal 8 Agustus 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama komunitas sastrawan menyelenggarakan ASEAN Literary Festival (ALF). Rangkaian festival akan diselenggarakan mulai tanggal 3 s.d. 6 Agustus 2017 di Kawasan Kota Tua, Jakarta. Grup Idola JKT 48 akan hadir dalam rangkaian acara ALF 2017.

Sebagai penutup rangkaian ALF 2017, JKT 48 akan turut memeriahkan dan menghibur masyarakat juga wisatawan yang hadir dalam Festival Literasi Tingkat ASEAN itu. Kehadiran JKT 48 sekaligus menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri dari ALF 2017. Okky Madasari, Direktur Program ALF 2017 mengatakan, JKT 48 dipilih sebagai salah satu pengisi acara karena para anggota grup idola itu termasuk generasi muda yang suka membaca buku.

ASEAN Literary Festival 2017 menghadirkan beberapa kegiatan antara lain Jambore Nasional Sastra, ASEAN Food Festival, dan Festival Budaya Panji.  Jambore Nasional Sastra merupakan program baru persembahan ALF untuk peserta SD/SMP/SMA  yang digelar di Museum Seni Rupa dan Keramik, Kawasan Kota Tua Jakarta. Jambore berisi kegiatan pelatihan dan lokakarya (workshop) merangkai puisi, melukis lagu, dan lain-lain.  Bagi para pecinta kuliner, ASEAN Food Festival menjadi agenda yang layak dikunjungi. Pasalnya, dalam program ini akan diselenggarakan demo masak, pameran, lokakarya, dan kuis yang akan diikuti oleh peserta perwakilan dari Kedutaan Besar ASEAN di Jakarta, pada tanggal 5-6 Agustus 2017.

Selanjutnya, Festival Budaya Panji turut memeriahkan dan menggelorakan kisahnya sebagai warisan budaya. Para sastrawan beranggapan Budaya Panji akan menjadi penguat identitas kawasan negara-negara ASEAN yang perlu dilestarikan. Budaya Panji merupakan karya sastra yang terdapat di Indonesia maupun di negara ASEAN lainnya. Setiap negara memiliki keunikan kisah Panjinya masing-masing yang menjadi tonggak munculnya bentuk seni lain seperti tari, wayang, topeng maupun seni rupa. Festival Budaya Panji sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 4-6 Agustus 2017 dan juga sebagai pembuka acara Asean Literary Festival pada Kamis malam, (3/8/2017).

ALF 2017 diharapkan akan memperkuat persaudaraan dan budaya di antara negara-negara ASEAN serta memperkenalkan khususnya Kawasan Kota Tua kepada wisatawan.  ALF 2017 juga bertujuan agar komunitas sastra ASEAN dapat membumi dan dirasakan kehadirannya oleh masyarakat. (Asri Kinasihan/Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2996 kali