Kawasan Kota Tua, Tuan Rumah ASEAN Literary Festival 2017  04 Agustus 2017  ← Back



Jakarta, Kemendikbud --- Kawasan Kota Tua menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Literary Festival (ALF) ke-4, yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 – 6 Agustus 2017.  Kota Tua yang merupakan kawasan dengan gedung-gedung tua bersejarah Indonesia, menjadi peluang besar untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia.

“Kenapa tahun ini Kota Tua dipilih untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Literary Festival? Karena jika kita lihat dari segi sejarah, Kota Tua memiliki potensi besar untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke internasional,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Catur Laswanto, pada konferensi pers di Museum Seni Rupa dan Keramik, (2/8/2017).

ASEAN Literary Festival merupakan bagian dari rangkaian ulang tahun ASEAN ke-50 yang jatuh pada tanggal 8 Agustus 2017. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) turut mendukung pelaksanaan Festival Literasi Tingkat ASEAN ini.

“Berkat dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, penerbit-penerbit, dan komunitas dapat menampilkan segala tulisan mereka di booth yang sudah disediakan, dan ini semua gratis,” ujar Okky Madasari, Direktur Program ASEAN Literary Festival 2017.

Festival yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2014 ini menjadikan budaya dan sastra sebagai unsur penting keberlangsungan ASEAN dan telah mendeklarasikan dirinya menjadi komunitas. Festival ini menjadi wadah untuk memperkenalkan pencapaian dan produk sastra penulis-penulis ASEAN ke tingkat global serta usaha-usaha dalam meningkatkan kecintaan akan buku dan membaca di kalangan anak muda dan anak-anak Indonesia dan kawasan ASEAN di era media sosial sekarang ini.

“Padahal sastra dan budaya adalah hal yang paling penting untuk membentuk kesepamahaman dan identitas,” ujar Okky Madasari.

Kegiatan ASEAN Literary Festival 2017 ini akan menghadirkan penulis-penulis dan jurnalis-jurnalis yang berpengaruh dan krirtis dari kawasan Asia Tenggara dengan berbagai tema diskusi serta kuliah umum. Pada kegiatan tersebut juga akan diadakan Jambore Nasional Sastra, ASEAN Food Festival, Festival Budaya Panji, dan ditutup oleh penampilan JKT48. (Rizki Amalia/Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3460 kali