Kemendikbud dan Pemprov DKI Kerja Sama Selenggarakan ASEAN Literary Festival  04 Agustus 2017  ← Back

 
Jakarta, Kemendikbud --- Menyambut hari ulang tahun ASEAN yang ke-50, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan) dan pengelola Kawasan Kota Tua mendukung kegiatan ASEAN Literary Festival (ALF) 2017. ALF 2017 digelar mulai tanggal 3 s.d. 6 Agustus 2017 di Kawasan Kota Tua, Jakarta.
 
“Keistimewaan pada acara ASEAN Literary Festival yang keempat ini lebih spesial karena didukung secara penuh oleh Kemendikbud, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan juga pengelola Kawasan Kota Tua,” ujar Okky Mandasari, Direktur Program ALF 2017 dalam konferensi pers, di Museum Seni Rupa dan Keramik, Kota Tua, Jakarta, Rabu (2/8/2017).
 
Kegiatan ASEAN Literary Festival tahun ini adalah acara yang keempat kali nya. Pada tahun ini acara tersebut memilih lokasi yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu Kota Tua. Sebelumnya, ASEAN Literary Festival biasa diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki (TIM). Kegiatan ini juga memperkenalkan Kota Tua dan museum-museum yang berada di wilayah Kota Tua seperti Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Bahari.
 
Okky juga mengatakan bahwa jadwal kegiatan acara dapat dilihat secara langsung pada laman ASEAN Literary Festival, yaitu www.aseanliteraryfestival.com dan juga media sosial, melalui Instagram (@aseanlitfest) dan Twitter (@ASEANLitFest). “Kami juga mengundang para media untuk meliput kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari ini,” ujar Okky.
 
ALF 2017 dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy pada Kamis malam (3/8/2017), di Fatahillah Square. Acara ini dibuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya. Festival Literasi Tingkat ASEAN ini akan menyuguhkan berbagai macam model sastra dan budaya ASEAN, antara lain pameran buku, temu penulis dan jurnalis dari berbagai negara ASEAN, lokakarya (workshop) sastra, diskusi, Jambore Nasional Sastra, Festival Budaya Panji, hingga festival makanan dari berbagai negara ASEAN.
 
Penutup dari acara ASEAN Literary Festival atau ALF ini akan menghadirkan grup idola, JKT 48. Hal tersebut memiliki tujuan yaitu agar dapat merebut hati anak muda untuk hadir ke Kota Tua dan juga cinta dengan sastra.  (Siti Febri Rahmayanti/Desliana Maulipaksi)

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 5056 kali