Mendikbud Imbau Upacara Bendera Gunakan Indonesia Raya Tiga Stanza   21 Agustus 2017  ← Back

 
Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengimbau para guru dan siswa untuk menggelar upacara bendera setiap hari Senin dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza. Ia meminta guru-guru agar mengenalkan dan mengajarkan lagu Indonesia Raya tiga stanza kepada siswa. Menurutnya, lagu Indonesia Raya tiga stanza juga berperan dalam penerapan gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) untuk menanamkan nilai nasionalisme.
 
“Semoga bisa diamalkan dan ditularkan ke (sekolah) seluruh Indonesia. Untuk upacara bendera di sekolah juga gunakan Indonesia Raya tiga stanza,” katanya di hadapan para peserta Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2017 di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (19/8/2017).
 
Mendikbud mengatakan, Indonesia Raya tiga stanza merupakan keutuhan dari lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. “Karena yang biasa dinyanyikan itu bagian awal. Itu pendahuluan. Intinya di bagian tengah dan penutup di akhir," katanya.
 
Ia berharap, Indonesia Raya tiga stanza dapat menanamkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air, serta kesadaran membela negara. “Indonesia Raya tiga stanza itu jadi salah satu pintu masuk untuk menanamkan nasionalisme. Kita juga masih punya banyak cara lain,” tuturnya.
 
Salah satu sekolah yang sudah menggunakan Indonesia Raya tiga stanza setiap upacara bendera hari Senin adalah SDN Grogol Selatan 13 Pagi, Jakarta Selatan. Sejak awal Agustus 2017, siswa di sekolah ini sudah hafal menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza tanpa dibantu teks atau catatan, mulai dari kelas 1 SD sampai VI SD.
 
Mega Mustika, guru SDN Grogol Selatan 13 Pagi mengatakan, sejak awal masuk tahun ajaran baru, para siswa diberikan catatan berisi lirik lagu Indonesia Raya lengkap dari stanza pertama hingga ketiga. “Setiap anak mendapat masing-masing satu teks. Lalu anak-anak menghafalkan. Kemudian setiap anak juga kami panggil satu per satu untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza,” ujarnya.
 
Ia menuturkan, setiap hari anak-anak diajak berlatih dan menyanyikan dengan membaca catatan tersebut di sekolah pada pagi hari, hingga akhirnya terbiasa dan hafal. Setelah semua anak hafal, kemudian pada upacara bendera setiap hari Senin mulai bulan Agustus, mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza. (Desliana Maulipaksi)
 

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 872 kali