Perbaharui Kerja Sama, Indonesia dan Viet Nam Sepakat Majukan Sekolah   24 Agustus 2017  ← Back

Jakarta, Kemendikbud – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Muhadjir Effendy bersama Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Republik Sosialis Viet Nam, Pham Binh Minh, menandatangani pembaruan kerja sama di bidang pendidikan, Rabu pagi (23/8) di Istana Merdeka, Jakarta. Kerja sama yang berlaku lima tahun ini memperbaharui kerja sama yang dilakukan pada tahun 2005.

"Pembaruan kerja sama meliputi upaya memajukan sekolah dan penguatan hubungan antar institusi," ungkap Mendikbud Muhadjir usai penandatanganan nota kesepahaman di depan pemimpin negara masing-masing tadi pagi.

Beberapa bidang kerja sama yang disepakati kedua negara yang tergabung di dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) ini juga meliputi pendidikan dan pelatihan guru; kolaborasi dalam penilaian pendidikan; perencanaan pendidikan dan penelitian; manajemen pendidikan dan kepemimpinan; serta desain kurikulum dan pengembangan metode pembelajaran.

Disepakati juga untuk dilakukannya pertukaran materi pendidikan, publikasi, alat peraga serta informasi. Pemerintah kedua negara juga sepakat untuk menyelenggarakan beragam pertemuan, lokakarya, pameran, konferensi, seminar, kunjungan studi, kompetisi, serta pemberian beasiswa pendidikan.

"Nanti akan dilakukan program pertukaran para pejabat di bidang pendidikan, para tenaga ahli, guru, tenaga kependidikan dan pelajar dari kedua negara," ujar Muhadjir.  

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Kementerian Pendidikan dan Pelatihan Viet Nam akan membentuk tim kerja yang bertugas untuk memberikan rekomendasi cara dan upaya untuk memajukan tujuan kerja sama di bidang pendidikan yang telah disepakati. Tim ini juga memastikan cara berkoordinasi yang cepat, tepat dan baik.

Selain nota kesepahaman di bidang pendidikan, dalam pertemuan tersebut juga ditandatangani kerja sama pembangunan pedesaan antara Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo dengan Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Viet Nam, Nguyen Xuan Cuong. Kerjasama di bidang batu bara, pemanfaatan gas di batas wilayah kontingen ditandatangani Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dengan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Viet Nam, Tran Tuan Anh. Adapun kerja sama di bidang hukum ditandatangani oleh Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly dengan Menteri Kehakiman Viet Nam, Le Thanh Long. (*)





Jakarta, 23 Agustus 2017,

Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 8519 kali