Pergelaran Perdana Gita Bahana Nusantara 2017 Pukau Ratusan Penonton  15 Agustus 2017  ← Back


Jakarta, Kemendikbud --- Pergelaran perdana kelompok orkestra pelajar Gita Bahana Nusantara (GBN) 2017 memukau ratusan penonton yang hadir di Plasa Insan Berprestasi Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senin malam (14/8/2017). Tepuk tangan penonton menggema setiap kali kelompok orkestra tersebut menyelesaikan sebuah lagu.
 
Malam itu, GBN menggelar konser perdana pada acara Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi. Sebanyak 798 guru dan tenaga kependidikan tampak menikmati pergelaran musik yang membawakan lagu-lagu perjuangan dan lagu-lagu daerah tersebut.
 
Lagu Indonesia Raya tiga stanza merupakan sajian pertama GBN pada malam itu. Lagu-lagu perjuangan seperti Bagimu Negeri, Dwi Warna, Satu Nusa Satu Bangsa, dan lagu-lagu populer dengan tema kebangsaan seperti Pancasila Rumah Kita dan Indonesia Jaya dengan khidmat dilantunkan. Tidak ketinggalan lagu-lagu daerah seperti Leleng (Kalimantan Timur), Buka Pintu (Maluku), O Ina Ni Keke (Sulawesi Utara), dan Sajojo (Papua) turut ditampilkan.
 
Pada malam itu pergelaran GBN dipimpin secara bergantian oleh dua orang konduktor yaitu Purwatjaraka dan Sapto Ksvara Kusbini yang merupakan putra Kusbini, pencipta lagu Bagimu Negeri. Penampilan kedua konduktor tersebut tidak kalah memukau dibandingkan para pelajar anggota GBN, dan dengan bersemangat memimpin pergelaran musik.
 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy yang hadir pada pergelaran GBN malam itu, mengapresiasi sajian yang ditampilkan kelompok orkestra pelajar tersebut. Mendikbud memuji para pelajar anggota GBN yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia yang telah menunjukkan persatuan dan harmoni dalam keanekaragaman.
 
"Dengan beraneka ragam instrumen, beraneka ragam suara, ketika disusun dalam sebuah komposisi yang baik, rapi, dan apik akan menghasilkan sajian yang luar biasa, dan inilah arti kebinekaan yang kita impikan untuk Indonesia," ujar Muhadjir Effendy yang disambut tepuk tangan penonton yang hadir dalam acara tersebut. 
 
Setelah pergeralaran perdana di kantor Kemendikbud, GBN akan tampil pada sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Gedung DPR/MPR Jakarta tanggal 16 Agustus 2017, dan pergelaran pada puncak peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus 2017 di Istana Negara Jakarta. (Nur Widiyanto)

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 11210 kali