Siswa Indonesia Raih Medali Emas dalam Ajang Kompetisi Matematika Internasional di India  01 Agustus 2017  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Prestasi membanggakan kembali diraih pelajar Indonesia dalam ajang kompetisi tingkat dunia. Para pelajar yang  terdiri atas para peraih medali pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini  berhasil merebut satu medali emas, tiga medali perak, dua medali perunggu, dan empat penghargaan Merit, pada ajang India International Mathematical Competition (InIMC), yang diselenggarakan di City Montessori School, RDSO Campus, Lucknow, India, berlangsung pada tanggal 24 – 31 Juli 2017.

“Tim Indonesia pada ajang InIMC tahun ini memperoleh prestasi yang luar biasa dan lebih baik dibandingkan dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya yang diselenggarakan di Thailand yang mendapatkan dua medali perunggu. Rasa bangga dan apresiasi patut diberikan kepada para peraih juara,” demikian disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, saat menyambut kedatangan para peraih medali  tersebut di Bandara International Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (01/08/2017).

Tim atau delegasi Indonesia terdiri dari 12 siswa yang terbagi menjadi tim A, B, dan C yang masing tim terdiri dari empat orang. Siswa yang tergabung dalam tim A yakni Darren Darwis Tanuwijaya (SDK 6 Penabur Jakarta Utara), David Shane Goh (SDK Penabur XI Jakarta Barat), Galih Nur Rizky (SDS Islam Al Azhar 10 Serang, Banten), dan Alifa Batrisya Nariswari (SD Muhammadiyah Sapen I, Kota Yogyakarta).  

Selanjutnya siswa yang tergabung dalam tim B adalah Jeanice Elina Setyono (SDK 6 Penabur, Jakarta Utara), Hendy Sutono (SD Sutomo 1 Medan Sumatera Utara), Azfa Radyiyya Hakim (SD Islam Al Fauzien Kota Depok, Jawa Barat), dan Maulana Satya Adigama (SD Muhammadiyah Sapen I Yogyakarta). Sedangkan yang tergabung dalam tim C adalah Reynard Suhada (SDK 6 Penabur, Jakarta Utara), Nisrina Fathiyya Nugraha (SDIT Nurul Fikri Kota Depok, Jawa Barat), Ramachandra Darmawan (SD Patra Dharma 3 Balikpapan, Kalimantan Timur), dan Gregory Edward Suryawan (SDK Tunas Daud Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat).

Dari 12 siswa tersebut,  enam  diantaranya meraih medali, yakni Jeanice Eliana Setyono dari tim B meraih medali Emas. Selanjutnya disusul oleh Hendy Sutono dari tim B, Darren Darwis Tanuwijaya dari tim A, dan Galih Nur Rizky dari Tim A meraih medali Perak. Sedangkan medali perunggu diraih oleh Maulana Satya Adigama dari tim B, dan Reynard Suhada dari tim C.

Selain peraih medali tersebut, empat peserta meraih penghargaan Merit, yakni Alifa Batrisya Nariswari dari tim A, David Shane Goh dari tim A, Nisrina Fathiyya Nugraha dari tim C, dan Gregory Edward Suryawan dari tim C. Adapun prestasi yang dicapai delegasi Indonesia pada kategori Team Contest adalah tim B mendapatkan First Runner up, sedangkan tim A meraih Second Runner Up. 

InIMC tahun 2017 diikuti oleh 26 negara, terdiri dari 72 tim untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), dengan jenis tes yang diujikan dalam kompetisi ini terdiri dari kontes Individual  dan kontes secara tim. Pelajar Indonesai yang mengikuti kompetisi ini mendapatkan pembinaan selama dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 15 – 21 Juni 2017 dan tahap kedua pada tanggal 19 – 24 Juli 2017, kedua tahapan tersebut diselenggarakan  di Jakarta.
“Kami sangat bangga kepada para siswa kita yang telah meraih juara tingkat dunia. Kami berharap prestasi yang telah dicapai ini dapat menularkan kepada siswa kita yang lainnya,” tutur Hamid. *

Jakarta, 01 Agustus 2017
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3446 kali